Cara Mengatasi Lag (Perangkat/Jaringan) Saat Bermain Mobile Legend

Multimedialy.com - Mobile legend siapa yang tidak kenal dengan game moba 5 vs 5 ini. Game yang satu ini memang begitu terkenal dan banyak digemari di Indonesia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga yang sudah dewasa pasti pernah bermain game yang satu ini.

Sebagai salah satu pemain game mobile legend ada satu hal yang cukup penting selain skill kita dalam memainkan hero dan strategi dalam team fight yaitu adalah kelancaran dalam bermain game.

Mobile legend yang sekarang sudahlah banyak berkembang dan mengalami banyak peningkatan terutama dari segi kualitas grafis. Hal ini sangat terasa imbasnya bagi player yang masih bermain game yang satu ini tapi menggunakan perangkat smartphone dengan spesifikasi rendah.

Akibatnya ya kalau bermain waktu war pas begitu banyak hero dan animasi skill akan terasa, fps drop dan lag disana-sini. Tentunya ini akan mempengaruhi skill kita dalam bermain. 

Memang solusinya gampang yaitu kita tinggal membeli hp baru, namun solusi ini saya rasa tidak akan menjadi solusi untuk semua orang karena tidak semua orang mampu membeli hp baru sekarang.

Selain lag karena faktor device yang tidak kuat (karena mobile legend yang terus-terusan update), masalah lain lag adalah karena faktor jaringan internet atau kalau kita bilang masalah ping dalam permainan.

Ya kalau hpnya sudah kuat tapi sinyalnya loyo, ping merah kuning hijau (jumping) tentunya skill kita sejago apapun tidak akan kuat untuk menghadapi musuh secupu apapun. 

Nah pada kali ini saya akan membagikan tips dan cara apa saja agar smartphone kentang kalian masih bisa digunakan untuk bermain game mobile legend dengan lancar, dan juga cara agar ping dalam game bisa stabill sehingga kalian bisa jadi lebih pro lagi dalam bermain game yang satu ini.

Langsung saja kita masuk ke tutorialnnya.

Cara Mobile Legend yang Ngelag Karena Faktor Smartphone

Kita tahu bahwa spesifikasi smartphone kita terbatas dan tidak mengalami namanya upgrade spesifikasi (kecuali kalau anda beli smartphone baru), sedangkan game mobile legend itu sendiri terus mengalami update yang mana tentunya seiring meningkatkan kualitas aplikasi/game maka kita perlu perangkat yang lebih baik untuk bisa menjalankan dengan lancar.

Tapi bukan berarti anda yang smartphone sudah terasa lag tidak bisa bermain game ini dan meninggalkannya, ada cara untuk bisa setidaknya meningkatkan sedikit performa gamenya yang awalnya lag atau patah-patah banget jadi agak mendingan lag masih bisa diajak bermain.

Hapus Semua Aplikasi yang Berjalan di Recent App Sebelum Bermain Game

Sebelum anda bermain game mobile legend untuk push ranked saya sarankan untuk anda memulai ritual dengan menghapus semua aplikasi yang berjalan di recent app/background, silakan di close aja semuanya. 

Ini berguna untuk anda yang menggunakan smartphone dengan kapasitas RAM yang kecil, dengan mengclose aplikasi yang sedang berjalan setidaknya mengurangi beban yang ditanggung smartphone anda baik dari penggunaan RAM, dan CPU.

Matikan Fitur Battery Mode

Smartphone keluaran jaman sekarang secara software sudah dilengkapi dengan fitur battery mode/saving. Fitur ini bertujuan agar pemakaian baterai bisa lebih irit lagi dengan melakukan berbagai tweak secara software maupun hardwaren.

Dampaknya memang baik agar baterai smartphone kita tidak cepat habis namun konsekuensinya adalah penurunan performa bagi dari segi cpu dan gpu. 

Ini tentunya tidak ingin terjadi jika kita sedang bermain game. Smartphone kita seperti diberi limiter penggunaan cpu dan gpu agar tetap irit tapi kurang bisa maksimal dari segi performa.

Untuk itu saat anda ingin bermain game dalam hal ini mobile legend pastikan anda sudah mematikan fitur baterry saving agar smartphone anda dapat memberikan performa maksimalnya.

Aktifkan Perfomance Mode

Jika anda menonaktifkan battery mode maka smartphone anda masuk ke dalam mode defaultnya balance, yang artinya memberikan keseimbangan antara performa dan konsumsi baterai.

Kebalikan dari battery mode untuk menghemat pemakaian batterai, performance mode ini bisa anda aktifkan jika anda membutuhkan kinerja lebih dari cpu dan gpu tapi memang biasanya akan lebih boros baterai dan peningkatan suhu smartphone.

Namun untuk anda dengan smartphone spesifikasi rendah jika tersedia mode performance ini bisa diaktifkan ketika anda ingin bermain game seperti mobile legend ini. 

Tujuannya tidak lain tidak bukan agar mampu mengeluarkan seluruh kemampuan komputasi cpu dan gpu yang anda digunakan untuk menjalan game dengan lebih lancar.

Silakan cek dipengaturan biasanya ada di menu pengaturan battery silakan ganti atau pilih ke performance mode jika anda ingin bermain game (dalam hal ini mobile legend) dengan lebih lancar.

Gunakan Aplikasi Game Booster

Biasanya setiap brand smartphone mempunyai aplikasi game booster bawaan dari pabrikan. Saya ambil contoh smartphone yang saya gunakan xiaomi memiliki game booster, lainnya seperti Samsung, Vivo, Oppo saya rasa juga ada game booster bawaan.

Kalaupun tidak ada anda bisa mendownload aplikasi game booster dari playstore, banyak kok jenisnya. Teman-teman lihat reviewnya dan coba sendiri mana yang cocok dan terbukti meningkatkan kelancaran anda dalam bermain game.

Saya sangat menyarankan anda menggunakan game booster ini untuk memulai membuka aplikasi. 

Secara hasil memang meningkatkan kelancaran dari segi fps game yang didapat (dalam hal ini game mobile legend). 

Sistem kerja game booster ini biasanya menutup task background secara otomatis, memprioritas sumber daya cpu, gpu, ram untuk game, menstabilkan koneksi internet dalam game (ping menjadi lebih baik) karena internet akan difokuskan untuk menjalan game dulu, dan fitur-fitur lain seperti mode untuk menghilangkan notifikasi yang bisa mengganggu dalam game ataupun fitur untuk menerima panggilan tanpa menganggu permainan.

Jadi untuk memulai permainan mobile legend teman-teman bisa masukan game mobile legend ke list permainan di game booster yang anda gunakan lalu melaunch game melalui aplikasi game booster.

Akan sangat terasa sekali perbedaannya apalagi anda yang menggunakan smartphone dengan spesifikasi kentang.

Ubah Settingan Grafik Game Mobile Legend ke Terendah

FPS (Frame per second) yang tinggi dan stabill jauh lebih penting dari pada tampilan yang hd tapi lag atau patah-patah.

Jika anda sudah close semua recent app, memulai ml melalui aplikasi game booster selanjutnya yang wajib anda lakukan ketika aplikasi game mobile legend terbuka adalah menurunkan settingan grafik ke yang terendah hingga smartphone anda bisa dan mampu menjalankannya lebih lancar.

Untuk melakukan pengaturan ini ada didalam game masuk ke Pengaturan (icon gear) silakan atur grafik ke Low.

Grafis: Low/Smooth

Semuanya bisa di OFF kan cukup Aktifkan yang penting dan esensial yang mendukung kita dalam permainan kita seperti:

Tinggi Kamera agar view lebih lebar (penting dalam gameplay agar kita bisa melihat lebih luas dan mewaspadai musuh), HP Creep (juga penting untuk anda memperkiraan nyawa creep/jungle), Teks Damage dan Gabungan Teks Damage, serta aktifkan Optimalkan FPS agar gameplay lebih lancar.

Opsional bisa anda aktifkan seperti Mode HD (agar tampilan gak burik-burik amat) dan juga Mode HFR (biar bisa lebih dari 30 FPS) jika dirasa masih berjalan lancar 2 pengaturan ini bisa di aktifkan, namun sambil dirasakan didalam game jika device anda terasa cepat panas bisa mematikan mode HFR ataupun mode HD.

Karena mungkin saja lancar diawal tapi perangkat anda bekerja keras sehingga menjadi panas saat bermain lama akibatnya jika smartphone anda panas maka performa yang diberikan menurun anda akan terasa lag juga pada akhirnya.

So 2 pengaturan ini silakan anda coba dulu menyesuaikan kondisi smartphone kalian.

Jangan Bermain Game Smartphone Sedang di Charge

Ini bisa dikatakan masalah bagi setiap smartphone dengan spesifikasi yang kurang yaitu ketika kita bermain game dalam kondisi charge biasanya akan terasa lebih lag atau patah-patah atau frameratenya tidak stabill.

Hal ini tentunya akan mengganggu gameplay anda dalam bermain mobile legend.

Kenapa smartphone ketika bermain game saat dicharge mengalami lag?

Hal ini dikarenakan ketika dicharge smartphone yang kita gunakan akan mengalami peningkatan suhu karena aktifitas charging itu sendiri. Nah smartphone ini dirancang untuk tidak bisa terlalu panas. Jika suhunya terlalu panas maka dengan sendirinya (pintarnya) ia akan menurunkan performan cpu dan gpu agar bisa menjaga suhunya tidak naik terlalu tinggi.

Ini biasanya disebut dengan istilah thermal throttling hal ini terjadi pada smartphone mid sampai entry level karena biasanya tidak ada sistem pendingin yang proper dari produsen smartphone.

Apalagi mengingat spefikasi yang pas-pasan performa cpu dan gpu tidak kenceng-kenceng amat ditambah diturunkan karena suhu panas akibat dicharge, ya jadi tambah gak karuan.

So buat anda pastikan anda charge penuh dulu smartphone anda sebelum bermain game (apalagi yang smartphone yang spesifikasinya kurang wah).  Bermain game sambil dicharge bukan pilihan yang baik untuk anda pengguna smartphone entry.

Selain itu dengan tidak bermain game sambil dicharge anda juga menjaga kesehatan baterai smartphone anda agar bisa lebih berumur panjang. Suhu tinggi pada smartphone ini bisa memperpendek usia baterai ya.

Kurangi dan Uninstall Aplikasi Yang Tidak Penting atau Jarang Terpakai

Jika dirasa smartphone anda masih kurang lancar setelah melakukan berbagai hal-hal diatas, langkah selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan menguninstall aplikasi yang ada saat ini.

Waktunya anda bersih-bersih smartphone anda dari aplikasi-aplikasi yang jarang terpakai yang hanya menjadi beban bagi ram, penyimpanan, dan cpu anda.

Ya aplikasi walau anda tidak gunakan aplikasi tersebut masih menggunakan sumberdaya selain penyimpanan juga ram dan cpu anda. Hal ini dikarekan aplikasi tersebut masih berjalan dibackground dan itu memakan resource seperti ram dan cpu.

Terutama aplikasi seperti sosial media yang mana ada push notifikasi yang artinya walaupun anda close di recent app, aplikasi tersebut tetaplah berjalan dibackground untuk mengirimkan setiap notifikasi yang masuk.

Kuncinya hapus aplikasi yang jarang dipakai, sisakan yang memanng sering anda pakai saja (sadar diri tentang kemampuan smartphone anda) dan kalau dirasa aplikasi tersebut masih penting anda bisa mencari versi lite untuk lebih menghemat penyimpanan dan tidak membebani ram ataupun cpu ketika berjalan dibackground.

Cara Mengatasi Lag Jaringan (Ping Merah) Pada Mobile Legend

Cara diatas sudah saya paparkan semua cara yang bisa anda coba untuk mengatasi lag atau patah-patah karena faktor smartphonenya ya. Nah didalam mobile legend ini selain lag karena perangkat yang tidak kuat untuk menjalankan gamenya ada juga faktor lain lag yaitu karena jaringan yang kurang stabill.

Kita tahu kita hidup di negara +62 dimana koneksi internet begitu begitu baik dan merata disetiap daerahnya.

Untuk anda yang tinggal di perkotaan tentunya masalah lag atau ping merah saat bermain game mobile legend bisa dikatakan masalah yang jarang terjadi. Namun untuk kita yang rumahnya agar masuk kedalam sinyal menjadi masalah yang cukup menjengkelkan.

Karena mau sejago apapun karo ping in game merah ya sama saja skill kita jadi 0 bahkan minus, hihihi.

Berikut ada beberapa tips dari saya untuk mengatasi ping merah atau tidak stabill dalam game mobile legend (pingnya yang jumping merah-kuning-hijau).

Lock Jaringan Ke 4G Only

Untuk anda yang tempatnya tinggalnya sinyal 4Gnya 1-2 strip biasanya secara default smartphone kita akan melakukan switch jaringan ke H+/3G yang sinyalnya full.

Nah proses switch ini terjadi otomatis jika kita tidak melakukan lock jaringan internet kita di pengaturan. Proses ganti dari 4G ke 3G ini mengakibatkanya ping ketika kita bermain game mobile legend tidak stabill karena ada perpindahan jaringan.

Untuk itu saya sarankan anda melakukan pengaturan untuk menlock jaringan anda ke 4G only, walaupun sinyalnya tipis-tipis ini jauh lebih stabill untuk bermain game dibanding dengan pengaturan yang switch jaringan secara otomatis.

Aktifkan Speed Mode di Pengaturan Mobile Legend

Speed mode pengaturan ini sudah ada didalam pengaturan game mobile legend. Memang dibuat untuk anda yang mengalami jaringan atau ping yang kurang stabill.

Jika sekarang anda terasa lag atau ping yang tidak stabill anda bisa mencoba mengaktifkannya untuk mendapatkan ping yang lebih baik dan stabill.

Pengaturan ini ada di dalam Setting dan Pengaturan Jaringan, lalu cari Speed Mode silakan anda aktifkan untuk bisa menggunakan fitur ini.

Namun jika masih bisa menolong dalam masalah lag karena ping mobile legend anda, anda bisa mencoba cara dibawah ini.

Gunakan Fitur Peningkatan Jaringan di Mobile Legend

Fitur ini bisa dikatakan tergolong baru dan efektif mengatasi lag karena faktor sinyal atau jaringan internet yang kurang stabil.

Secara konsep adalah mengabungkan 2 koneksi dari wifi dan juga jaringan seluler sehingga bisa menghasilkan ping in game yang lebih baik dan stabill.

Untuk bisa menggunakan fitur ini tentunya anda harus konek ke jaringan wifi dan anda mempunyai paket data seluler di ponsel anda.

Pengaturan ini ada di Setting mobile legend masuk ke Pengaturan Jaringan, Scroll dibawah sendiri anda akan menemui Peningkatan Jaringan silakan di aktifkan.

Fitur peningkatan jaringan ini sangat ampuh dan saya rekomendasikan jika anda menggunakan 2 jaringan sekaligus. 

Karena terkadang kita pakai wifi saja bisa terjadi lag (karena banyaknya pengguna wifi) ataupun kalau pakai jaringan selulur saja sinyalnya kurang stabil.

Gunakan VPN Untuk Mendapatkan Ping yang Stabil

Mungkin anda pernah mengalami lag atau ping dalam game mobile legend yang begitu naik dan turun. Misal pingnya hijau sampai angkanya kecil banget namun sesekali drop jadi kuning bahkan merah.

Walaupun cuma sesekali ini sangat menganggu dalam permainan tentunya. Anda sedang war tiba-tiba merah, terus mati dah dibunuh oleh hero musuh kan bete juga mainnya.

Anda gunakan internet anda sebenarnya lancar-lancar saja, sinyal oke. Cuman tadi sesekali ngejump ping dalam game.

Nah untuk solusi ping jump ini (selain semua cara diatas) anda bisa mencoba menggunakan VPN. Dengan VPN anda bisa mendapatkan jaringan yang lebih stabil (didalam game) ingat katakuncinya stabil, karena VPN memang kalau dipakai aktifitas internet lain seperti nonton youtube atau stream akan terasa penurunan speednya.

Tapi untuk ping yang lebih stabil sangat membantu. Untuk VPN yang bagus untuk game mobile legend anda wajib mencoba-coba sendiri karena begitu banyaknya sekali aplikasi VPN yang ada di playstore ataupun app store.

Kalau saya sendiri merekomendasikan anda mencoba yang namanya UU Booster, aplikasi ini gratis untuk trial atau mencobanya selama seminggu dan berbayar pada akhirnya (sayangnya disini).

Namun sepanjang saya mencobanya saya sangat puas dengan hasil yang ditawarnya, ping jadi lebih stabil hijau terus. Untuk anda pengguna android mungkin bisa coba versi pro yang gratis yang mana anda perlu download APKnya sendiri di google.

Atau anda bisa coba VPN lainnya, yang gratis dan bagus juga untuk bermain game.

Terakhir Sebagai Penutup

Jika semua cara diatas untuk mengatasi lag atau fps yang rendah saat bermain game karena smartphone kalian spesifikasinya kurang, sudah anda coba semuanya namun masih terasa lag atau masih belum bisa anda gunakannya dengan nyaman.

Ya solusi terakhir adalah dengan LEMBIRU alias lempar beli baru. Karena memang semua cara sudah dicoba dan terapkan artinya memang smartphone anda saat ini belum mampu menjalankan game tersebut.

Atau jika jaringan anda masih terasa lag atau ping tidak stabil dengan segala cara diatas ya solusinya bisa ganti kartu jaringan provider internet anda. Anda bisa tanyakan ke teman anda didaerah anda yang lancar untuk mobile legend apa.

Mungkin cukup sekian tutorial dari saya untuk mengatasi lag dalam game mobile legend karena faktor smartphone dan juga karena faktor jaringan. 

Semoga bisa bermanfaat, silakan share artikel ini ke teman anda yang mengalami masalah sama. Jika ada pertanyaan drop komentar dibawah ini.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic