Apa itu Programmatic Ads?

Multimedialy.com - Iklan secara digital terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu di negara kita tercinta ini. Digital advertising atau iklan digital dirasa menawarkan nilai lebih dibandingkan iklan dengan cara konvesional. Baca juga: Digital Advertising dengan programmatic ads

Kita tahu pengguna internet secara global maupun di Indonesia khususnya terus mengalami peningkatkan atau bahkan lonjakan pengguna. 

Jika dulu internet bisa dikatakan barang mewah dimana tidak setiap orang bisa mengaksesnya sekarang ini hampir setiap orang bisa mengakses internet dengan mudah, murah, dimana saja dan kapan saja (berkat adanya smartphone).

Pasar iklan yang besar ini membuat digital ads terus meningkat. Ada banyak sekali jenis dan strategi yang bisa dilakukan pengiklan untuk memasang iklan mereka di internet. Sekarang ini muncul sebuah tren stategi baru dari digital advertising yaitu berupa programmatic ads.


Lalu apa sih programmatic ads ini? mari kita bahas untuk mengenal lebih dekat tentang progammatic ads.

Mengenal Tentang Programmatic Ads

Sekarang ini kita tahu kita sudah masuk ke jaman yang namanya kecerdasan buatan atau artifisial intelegend (A.I). AI ini sangat bermanfaat untuk banyak bidang pekerjaan manusia termasuk dalam hal ini dunia periklan digital.

Programmatic Ads bisa dikatakan strategi periklanan digital dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan. Fungsinya untuk memberikan penawaran iklan secara realtime, mengotomatiskan dan membuat proses pembelian iklan menjadi lebih singkat.

Dengan bantuan AI ini memungkin kita sebagai pengiklan untuk menentukan target pasar, anggaran, dan sasaran iklan dimana iklan ini akan di integrasikan ke banyak jaringan iklan sekalugus sehingga mampu menjangkau target audiens yang lebih luas dan tertarget lagi.

Cara kerjanya kurang lebih mirip dengan program aplikasi investasi modern, dimana anda menentukan jumlah persentase portofolio yang ingin anda investasikan dalam berbagai jenis saham dan obligas, serta berapa persen toleransi resiko yang bisa anda tanggung. Maka secara otomatis program akan memperhitungkan semuanya dan membuat cara terbaik untuk berinvestasi.

Kita langsung saja masuk ke contoh kerja AI dari programmatic ads:

Jika anda ingin menjual sebuah jaket untuk musim dingin dengan teknologi terbaru, anda tentunya hanya menarget iklan anda muncul untuk wilayah dengan cuaca dingin bersalju. 

AI akan menganalisis untuk menghasilkan keputusan yang bisa meningkatkan penjualan, hasil AI akan menganalisis semua parameter yang ada lalu memilih jenis iklan apa yang akan dipakai, jaringan periklanan mana yang akan dipakai, waktu terbaik, diperangkat apa saja iklan ditayangkan (desktop/mobile) dan hal-hal lain yang membuat kampanye iklan anda bisa lebih berhasil.

Anda sebagai pengiklan juga lebih praktis karena tidak perlu menyiapkan kampenye iklan satu persatu disetiap platform pengiklan seperti Google Ads, Facebook Ads, Tiktok Ads, dll. Dengan programmatic ads ini iklan akan disalurkan kebanyakan jaringan iklan sekaligus sesuai kebutuhan.

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan dari programmatic ads ini maka tidak heran menjadi tren strategi dalam memasang iklan digital di internet. Kedepan tentunya programmatic ads ini akan terus berkembang dan memberikan banyak manfaat lagi demi sebuah efektifitas dan efisiensi dalam beriklan di internet.

Jika bisnis yang anda miliki sudah memiliki target pasar yang sangat jelas, siapa saja yang akan anda tuju maka menggunakan programmatic ads adalah pilihan yang bijaksana dalam bisnis. Dengan mempertimbangkan ke efektifannya, efisiennya, simpel dan bisa langsung menyalurkan kebanyak jaringan iklan sekaligus.

Mungkin itu dulu dari saya tentang penjelasan dari programmatic ads, semoga anda bisa sedikit tercerahkan. Jika bermanfaat jangan lupa share artikel ini.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic