Cara Mudah Menghilangkan Noda Hitam Pada Pakaian

Multimedialy.com - Pada saat kita mencuci pakaian kita tentunya kita ingin pakaian kita bisa 100% bersih dari yang namanya kotoran ataupun noda-noda yang ada karena pemakaian sebelumnya. 

Namun tidak jarang kita menemui noda berwarna hitam pada pakaian yang sangat amat sulit dihilangkan saat kita mencucinya. Kita yang melihatnya mungkin sudah melakukan upaya lebih semisal dengan menguceknya lebih kuat, disikat, menambahkan deterjen ataupun memberikan tambahan pemutih.

Namun permasalahan node hitam atau titik-titik hitam ini cukup membandel untuk dihilangkan dengan cara biasanya kita mencuci. 

Tentunya kita tidak ingin juga pakaian yang kita cuci ini tidak bersih maksimal, ya walaupun hanya berupa titik-titik hitam tapi tetap akan menganggu penampilan kita saat pakaian kita kenakan. Nanti dikira gak pernah dicuci pakaian kita, hihihi.

Sebelum masuk ke cara mudah menghilangkan noda hitam di baju, teman-teman mungkin harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab munculnya bintik atau noda hitam (tritipan) pada baju atau pakaian kesayangan anda:

  1. Jamur
    Jamur menjadi penyebab utama noda hitam pada pakaian atau orang kita biasa menyebutnya tritipan (noda/bintik-bintik hitam dipakaian karena jamur). Jamur ini penyebabnya tentunya adalah karena lembab pakaian itu sendiri.

    Ini bisa terjadi saat proses mencuci pakaian dimana terlalu lama proses perendaman, pakaian yang tidak kunjung dijemur setelah dicuci, tidak menjemur pakaian sampai benar-benar kering (dikarenakan faktor cuaca).

    Ataupun kebiasaan seperti tidak menyetrika pakaian dan tempat penyimpanan pakaian yang tidak kering dan bersih dapat menimbulkan munculnya jamur.

    Juga penyimpanan pakaian yang cukup lama juga akan menimbulkan bintik hitam (tritipan) so sebisa mungkin memakai semua pakaian yang ada di lemari secara bergantian, agar pakaian tersebut bisa dicuci dan bersih kembali. Tidak tersimpan dalam almari dalam waktu yang cukup lama.
  2. Gumpalan Benang
    Tidak jarang bintik hitam pada pakaian kita berasal dari gumpalan benang baju/pakaian lain yang menempel.

    Gumpalan benang ini berupa bulu-bulu benang yang kemudian mengumpal menjadi bulatan hitan dan terlihat seperti noda hitam dipakaian lain. Biasanya pakaian berbahan wol lah yang menjadi penyebab utamannya.

    Untuk hal ini untuk pencegahan anda bisa memisahkan pakaian berbahan wol untuk dicuci sendiri.
  3. Penggunaan Deterjen Berlebihan
    Menggunakan deterjen dengan takaran yang lebih banyak dari pada yang dianjurkan tidak membuat pakaian anda cuci menjadi lebih bersih justru bisa sebaliknya.

    Penggunaan deterjen yang berlebihan hanya akan meningkatkan residu sabun pada pakaian yang membuatnya menjadi terlihat kurang bersih.

    Selain itu sisa tumpukan deterjen juga ada ada didalam mesin cuci tidak terbuang atau terbuang bersih, hanya akan menumpuk dan menempel dibagian luar mesin cuci dan mengakibat kotor pada pencucian selanjutnya.

    Selain menjadi penyebab noda/bintik hitam penggunaan deterjen berlebih juga berdampak kurang baik ke ekosistem alam.

    So gunakan deterjen sesuai anjuran takaran yang diberikan.  

Setelah anda tahu apa saja yang bisa menjadi penyebab bintik hitam pada pakaian/baju kesayangan anda, berikut cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan noda atau bintik hitam pada pakaian.

Cara Menghilangkan Noda/Bintik Hitam (Tritipan) Pada Pakaian

Kita akan memisahkan tutorial ini menjadi 2 cara yaitu menghilangkan bintik/noda hitam (tritipan) pada pakaian berwarna putih dan pada pakaian yang berwarna.

Pakaian Berwarna Putih

Untuk pakaian berwarna putih anda bisa menggunakan soda kue atau cuka (gunakan salah satu saja) lalu tuangkan/oleskan pada bagian yang terdapat bintik/noda hitam. Berikan sedikit air lalu gosok dengan sikat gigi bekas setelah itu diamkan beberapa menit agar berkerja dengan baik.

Setelah itu anda bisa cuci dengan deterjen seperti biasanya anda mencuci baju. Rendam cairan pemutih setelah dicuci dan dibilas agar hasilnya lebih maksimal. Terakhir setelah direndam dengan cairan pemutih anda bisa membilasnya dengan air panas.

Cairan soda kue / cuka memang sudah terbukti ampuh membersihkan noda membandel pada pakaian, sedangkan cairan pemutih dan air panas ini bisa mematikan jamur yang menjadi penyebab utama bintik hitam ini.

Pakaian Berwarna Selain Putih

Untuk pakaian berwarna tentunya threadmentnya sedikit berbeda dengan pakaian berwarna putih, untuk menghindari resiko lunturnya warna pakaian.

Cara untuk membersihkan noda/bintik hitam pada pakaian berwarna adalah dengan cuka atau cairan garam dan lemon (salah satu saja). Lalu masukan ke dalam ember dan campurkan dengan air panas. Cukup masukan pakaian yang tritipan (bintik hitam) tapi dan rendam selama satu jam. Setelah itu anda bisa mencuci pakaian seperti biasanya.

 Kurang lebihnya untuk menghilangkan bintik hitam di pakaian adalah seperti itu. Jika masih tersisa sedikit atau belum sepenuhnya bersih anda bisa menggulanginnya kembali pada pencucian selanjutnya.

Pastikan juga pakaian dijemur dengan kering dan disimpan ditempan yang kering dan tidak kotor, agar masalah bintik hitam ini tidak muncul lagi dikemudian hari.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic