Ini Manfaat Memberikan Bayi ASI Ekslusif

Multimedialy.com - Pemberian ASI ekslusif memberikan banyak sekali manfaat bagi tumbuh kembang bayi dari awal kelahirannya. ASI ekslusif adalah pemberian ASI (air susu ibu) sejak bayi baru lahir hingga sikecil genap berusia enam bulan. Baca juga: Daftar Kebutuhan ASI Bayi Baru Lahir

Jadi selama usia bayi 0 sampai 6 bulan si kecil hanya diberikan asupan berupa ASI tanpa tambahan asupan apapun. 

Walau hanya diberikan asupan berupa ASI, bun tidak perlu khawatir. Justru pemberian ASI ekslusif ini selama 6 bulan awal bayi semenjak dilahir memberikan banyak manfaat.

Air susu ibu diproduksi tentunya secara alami oleh tubuh kita ini mengandung banyak nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi seperti vitamin, protein, karbohidrat dan lemat. ASI juga tentunya lebih baik dibanding susu formula karena proses alami ini membuatnya lebih mudah dicerna oleh bayi.

ASI ini bisa dikatakan makanan sekaligus minuman utama yang diperlukan si bayi selama usia 0 sampai 6 bulan. Pada usia ini juga sebaiknya tidak memberikan minuman selain asi, misal jus.

Apa saja manfaat ASI ekslusif bagi tumbuh kembang si kecil kita dan juga manfaat yang diterima sebagai seorang ibu yang memberikan ASI.

Memberikan Sistem Kekebalan Tubuh yang Kuat pada Bayi

ASI mempunyai kemampuan memberikan daya proteksi diri terhadap bakteri ataupun virus yang membuat si kecil tidak mudah sakit. 

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang sudah dilakukan sejak 1982 dimana hasilnya berupa air susu setiap jenis mamalia (hewan menyusui) termasuk manusia mempunyai daya proteksi terhadap turunannya karena menganting antibodi terjadap berbagai antigen.

Apalagi dimasa pandemi seperti ini, faktanya seorang ibu yang sedang positif tetap bisa memberikan ASI ekslusif. Karena faktanya tidak terdeteksi virus COVID-19 didalam ASI seorang Ibu yang sedang positif COVID-19. Justru pada saat ibu positif COVID-19 teryata memiliki kandungan antibodi yang tinggi.

Pada seorang ibu yang positif COVID-19 didalam ASI nya terdapat antibodi Imunoglobuli A dan G, terdapat juga Lactalbumin, Lactoferin, dll yang bermanfaat sebagai zat proteksi terhadap SARS-CoviV2. Hal ini bisa dikatakan seperti imunisasi alami kepada si kecil. 

Tentunya tetap saat menyusui untuk memperhatikan protol kesehatan.

Selain itu vaksinasi COVID-19 kepada ibu menyusui juga memberikan efek imunitas si bayi terhadap COVID-19 karena ditemukan kadar antibodi sIgA spesifik SARS-CoV-2 dalam ASI. Untuk vaksinasi ibu menyusui anda mungkin perlu berkonsultasi ke tenaga medis terlebih dahulu.

Meningkatkan Kecerdasan Si Kecil

Menurut peneilitian yang dilakukan oleh Betty Vohr, M.D., profesor pediatri di Brown Univesity, AS. Pemberian ASI menujukan masih peningkatan kecerdasan anak.

Tidak setidik juga penelitian lainnya yang mengatakan hal serupa. Efek pemberian ASI eksklusif menunjukan hasil perkembangan metal pada bayi. Hasil ini diamati dari bayi yang lahir dengan cukup bulan dan dengan berat badan normal maupun bayi dengan prematur dengan berat badan yang sangat rendah. ASI mampu meningkatkan IQ si kecil.

Hal ini dikemungkinan dikarekan adanya kandungan asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang yang terdapat dalam kandung ASI.

Berat Badan Ideal

ASI adalah asupan yang sempurna bagi tumbuh kembang bayi segala kadar nutrisi yang terkandung sudah dirancang sesuai dan pas oleh sang pencipta. 

Pemberian ASI memang mampu membuat si kecil mampu tumbuh lebih cepat selama 3-4 bulan pertamanya, namun seiring berjalannya waktu pertumbuhan akan melambat sering dengan kemampuannya bergerak.

Pada tahun pertamanya bayi yang diberikan ASI memiliki berat badan yang lebih ideal dibanding bayi yang diberikan susu formula. 

Merangsang Perkembangan Emosi Anak dan Penghilang Stres Ibu

Hubungan kontak antara ibu dan bayi ketikan pemberian ASI eksklusif mampu merangsang perkembangan kognitif serta emosialnya. Kontak fisik sewaktu menyusui ini memberikan ikatan batikan antara ibu dan anak yang akan semakin erat.

Selain itu teryata saat seorang ibu menyusui bayi-nya, tubuh seorang ibu akan mengeluarkan hormon oksitosin yang berfungsi untuk mengurangi stres pada ibu. Kesehatan emosi sang ibu jadi lebih stabil dalam menyokong tumbuh kembang anak.

Banyak manfaat dari memberikan ASI eksklusif terhadap anak selama 6 bulan awal pertumbuhannya. WHO sebagai organisasi kesehatan dunia juga merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan awal sebagai asupan utama dan dilanjutkan pemberian ASI sampai usia 2 tahun dengan makanan pendamping.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic