Khasiat Buah Merah dari Papua

Multimedialy.com - Buah merah (kuasu) buah dengan nama latin Pandanus conoideus ini juga biasa dikenal juga sebagai buah ajaib dari Papua. Untuk masyarakat daerah indonesia timur terutama Papua sudah tidak asing dengan buah yang satu ini.

Buah merah dipercaya oleh masyarakat mampu mengobat berbagai penyakit dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Di Papua sendiri buah merah ini biasa dikonsumsi dengan cara dimakan secara langsung (seperti buah lainnya pada umumnya) ada jug yang olah terlebih dahulu seperti direbus ataupun dipanggang. Buah merah sendiri juga sering digunakan sebagai bahan masakan seperti untuk bahan saus kental, dimana daging dan biji buah merah ditumbuk lalu dicampurkan dengan air.

Buah merah ini juga bisa dibuat sebagai minyak ekstrak buah merah dimana biasa digunakan sebagai bahan penyedab dan pewarna makanan alami.

Masyarakat papua sendiri mempercayai buah merah ini sebagai obat tradisional untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit.

Lalu apa sih kandungan nutris yang terdapat pada yang dikatakan sebagai buah ajaib dari Papua dan manfaat buat merah bagi kesehatan.

Manfaat Buat Merah Bagi Kesehatan

Buah merah buah yang kaya akan kandungan nutrisi penting yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, kalori, karbohidrat, lemat sehat, antioksidan alami seperti vitamin E, vitamin C, alfa karoten, beta karoten dan zat warna antosianin.

Lalu apa manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita:

Sebagai Anti Kanker dan Tumor Alami

Penyebab penyakit kanker atau tumor dikarenakan ketidakteraturan perjalanan hormon yang mengakibatkan tumbuhnya daging di jaringan tubuh normal. Baik kanker maupun tumor dapat menyerang bagian tubuh manapun.

Kita tahu bahwa kanker sendiri termasuk kategori penyakit berbahaya yang bisa mengakibatkan kematian. 

Kandungan tokoferol dan betakaroten yang terdapat pada buah merah, kedua kandungan ini dapat bekerjasama sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua senyawa kimia ini berperan untuk mencegah dan menekan perkembangbiakan sel-sel kanker.

Adapun kandungan omega 3 yang bermanfaat juga untuk memperbaiki jaringan sel yang rusak.

Untuk pemanfaatnnya sebagai anti kanker ataupun penyembuhan kanker caranya dengan mengambil sari buah merah dan bisa diminum secara langsung ataupun dikombinasikan dengan tanaman herbal lain yang memiliki manfaat untuk penyembuhan kanker seperti temu putih, temu mangga, sambiloto, ciplukan, jinten hitan, jombang, pegagan dan keladi tikus.

Baik Untuk Penderita HIV/AIDS

Seperti yang kita ketahui virus HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Buah merah memiliki kandungan tokoferol atau vitamin yang tinggi mencapai 11.000 ppm dan juga betakaroten yang berfungsi antioksidan dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang menjadi utama pengidap HIV/AIDS.

Kedua kandungan ini akan membantu tubuh kita menangkal berbagai rakidal bebas, dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini tentunya membantu para pengidap penyakit HIV/AIDS untuk melawan berbagai penyakit.

Tokoferol dan betakaroten dapat berfungsi berfungsi untuk memecah senyawa asam amino yang dibutuhkan oleh HIV, sehingga virus tersebut tidak memperoleh makanan untuk keberlangsungan hidupnya. Selain itu kandungan protein yang tinggi juga membantu memenuhi asupan proten harian penderita AIDS.

Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan pegagan (sebagai antivirus alami) dan sambiloto (sebagai antibiotik alami).

Obat Darah Tinggi dan Pencegahan Stroke

Salah satu pemicu darah tinggi adalah karena darah kekurnagan oksigel dan atau oksigen yang terlalu kental darah. Tekanan darah tinggi dan terjadi penyempitan pembutuh darah ini juga menjadi penyebab stroke.

Stroke adalah penyakit yang menyerang otak. Penyabab utama penyakit ini disebabkan oleh darah yang membeku dibarengi dengan pemnyempitan pembutuh darah.

Darah tinggi adalah pemicu utama dari penyakit ini. Saat tekanan darah tinggi, darah akan menggumpal dan terjadi penyempitan pembuluh darah, sehingga akibatnya dalah suplai darah ke otak menjadi berkurang.

Manfaat buah merah untuk darah tinggi dan pencegah stroke terdapat dikandungan kandungan tokoferol yang memiliki fungsi mengencerkan darah, memperlancar sirkulasi darah sehingga kandungan oksigen dalam darah menjadi normal.

Pencegahan dan Pengobatan Pada Gangguan Mata

Berbagai penyakit mata seperti penyakit rabun atau kebutaan sementara ini disebabkan karena tubuh kita kekurangan akan vitamin A. Sementara itu tubuh kita ini tidak bisa memproduksi vitamin A dengan sendiri, kita perlu asupan dari luar tubuh.

Nah disinilah kandungan betakaroten pada buah merah diperlukan, dimana ia akan diserap oleh tubuh sehingga kemudian akan diolah dan diubah menjadi vitamin A yang penting untuk kesehatan mata.

Pengobatan Diabetes Mellitus

Kandungan tokoferol yang terdapat pada tokoferol dalam buah merah memiliki banyak manfaat. Salah manfaat kandungan tokoferol adalah memperbaiki kerja pankreas yang mana berfungsi untuk menyekresi insuli menjadi sempurna.

Untuk penderita diabetes baik untuk pengobatan atau pencegahan (yang punya riwayat keluarga diabet) bisa mengkonsum minyak buah merah ini.

Pencegahan Penyakit Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang biasanya menyerang kaum lanjut usia. Penyebab utamanya dalah karena tubuh kita kekurangan kalsium sehingga tubuh mengambil kalsium dari tulang dan membuat tulang menjadi keropos.

Buah merah memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, didalam buah merah setiap 100 gramnnya memiliki kandungan 54.000 mg kalsium.

Anda bisa mengonsumsi buah merah segar untuk mendapatkan manfaatnya. 

Masih banyak lagi manfaat dari buah merah atau buah ajaib dari papua ini, tentunya masih banyak penelitian lain yang sedang dan akan dilakuakn terhadap buah yang satu ini, so manfaatnya akan lebih-dan lebih lagi.

Mungkin itu dulu pembahasan dari saya tentang manfaat buah merah, semoga bermanfaat.


Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic