Tips Aman Sebelum Memilih dan Mengajukan Pinjaman Online

Multimedialy.com - Pinjaman online atau kita sering mendengarnya juga dengan istilah pinjol belakangan ini sering terdengar di masyarakat kita. Walaupun memang citra pinjaman online sekarang ini memang kurang baik. Mulai dari kasus pemberian bunga yang tidak masuk akal, penanggihan utang yang dilakukan dengan cara mempermalukan secara digital, dan masih banyak lagi.

Namun itu semua tidaklah 100% benar adanya. Disini saya hanya bermaksud meluruskan stigma yang salah terhadap pinjaman online di Indonesia.

Segala kasus yang terjadi dan menimpa pinjaman online tadi seperti masalah bunga, penagihan tidak manusiawi (walau secara online) yang biasanya direndahkan diancam,dll itu semua terjadi pada pinjaman online yang ilegal atau belum berizin resmi ojk.

Tips Aman Sebelum Memilih dan Mengajukan Pinjaman Online

Jadi disini pinjaman online bisa dikatakan ada 2 kubu yang satu yang ilegal dan yang satunya legal sudah berizin ojk. Nah yang bermasalah inilah yang berasal dari yang ilegal.

Untuk pinjaman online OJK sudah pasti ada aturan yang dibuat pemerintah mulai dari batas bunga maksimal hingga tata cara penagihannya. So bisa dikatakan aman dan anda tidak perlu khawatir memakainya jika membutuhkan.

Pinjaman online ini bisa menjadi solusi buat anda yang butuh dana cepat tanpa perlu syarat seperti jaminan surat atau barang jaminan, ya inilah kelebihan dari pinjaman online dibanding yang konvesional.

Namun sekarang ini ada banyak sekali aplikasi pinjaman online yang ada, baik yang ilegal ataupun legal semuanya ada bisa diakses di playstore ataupun appstore. 

Untuk itu kita sebagai pengguna haruslah pintar dan teliti sebelum memilih dan mengajukan pinjaman online, pastikan pinjol tersebut legal agar anda tidak menjadi korban pinjaman online bodong yang belum berizini OJK.

Berikut tips dari saya sebelum anda memilih dan mengajukan pinjaman online:

Jangan Meminjam di Pinjaman Online Ilegal

Pinjaman online ilegal sudah cukup meresahkan masyarakat seperti yang sudah sedikit saya jelaskan diatas. Mulai dari pemberian bunga pinjaman yang tinggi dan tidak wajar, hingga banyak korban terjebak ketika melakukan pinjaman. Akhirnya para peminjampun ditagih dengan cara-cara yang tidak manusiawi seperti teror hingga intimidasi kekerasan.

Dari tadi saya menyebutkan pinjaman online legal dan ilegal, apa sih fakta perbedaan dari keduanya:

  1. Pinjol ilegal sudah pasti tidak memiliki izin resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sedangkan pinol legal terdaftar dan diawasi oleh OJK.
  2. Pinjol ilegal tidak memiliki idendtitas pengurus dan alamat kantor yang jelas (mereka tentunya tidak menyantumkan ini dimanapun) sedangkan yang legas sudah dipastikan jelas adanya.
  3. Proses pencarian pinjaman online ilegal sangat mudah (cara mereka menarik calon peminjam) sedangkan pinjol legal ada melalui proses seleksi dan tidak semudah yang ilegal.
  4. Informasi seperti bunga ataupun denda jika telat bayar pada pinjol ilegal tidak jelas. Di pinjol legal semua jelas dan transparan diberi tahukan diawal agar para peminjam tidak terjebak/merasa tertipu saat pelunasan.
  5. Bunga pinjaman online ilegal sangat tinggi dan tidak terbatas. Pinjaman online ilegal mereka menentukan bunga pinjaman mereka sendiri atau semau mereka, sedangkan pinjol legal mengikuti peraturan dari OJK yaitu maksimal bunga 0,8 persen perharinya.
  6. Untuk total pengembalian termasuk denda pada pinjol ilegal tidak terbatas. Sedangkan pinjol legal diberikan maksimal pengembalian termasuk dendam 100 persen dari pinjaman poko dengan batas waktu maksimal 24 bulan. Jadi kalau mau coba pinjol anda telat bayar bisa sampai seumur hidup dan bisa berbunga tak terhingga.
  7. Pinjol ilegal bisa mengakses ke seluruh data ponsel si peminjam sedangkan pinjol legal hanya mengakses kamera, mikrofon dan lokasi peminjam. Inilah kenapa pinjol ilegal sering meneror peminjaman yang telat bayar ke nomor kontak teman si peminjam.
  8. Jika anda tidak dapat melunasi pinjaman online ilegal tepat waktu maka anda akan mendapatkan acaman berupa teror kekerasan, penghinaan, pencemaran nama baik serta menyebarkan foto atau video pribadi ke nomor kontak anda.
    Sedangkan untuk pinjol legal jika anda tidak dapat melunasi setelah batas waktu 90 hari anda tidak akan mendapatkan ancaman hanya anda akan masuk blacklish Fintech Data Center sehingga anda tidak dapat meminjam dana ke platform pinjaman online legal lainnya.
  9. Pihak penagih (DC) pinjol ilegal tidak memiliki sertifikasi penagihan dari AFPI sedangkan pinjol lega memiliki sertifikasi AFPI. Dimana ada etika-etika yang harus dipatuhi oleh anggota AFPI ketika mengingatkan untuk melakukan pembayaran.

Hindari Pinjaman Online yang Ditawarkan Melalui SMS

Ketika anda sedang membutuhkan uang ataupun sedang butuh pinjaman uang, entah kenapa pasti ada saja sms masuk menawarkan dana pinjaman cepat melalui sms.

Nah untuk anda jika memang ingin melakukan pinjaman online saran saya sebisa mungkin tidak tergiur dengan tawaran tersebut.

Kenapa? 

Kebanyakan pinjaman online baik aplikasi atau lainnya yang ditawarkan melalui sms merupakan pinjaman online ilegal. Itu merupakan cara marketing atau promosi mereka. Jika anda tertarik maka anda akan jadi peminjam di aplikasi pinjol ilegal tersebut.

Namun perlu dicatat tidak semua pinjaman yang ditawarkan lewat sms ini pinjol ilegal namun kebanyakan iya. Jadi sebisa mungkin hindari langsung percaya penawaran dari pinjol lewat sms ini, jika anda ditawarkan pinjaman dari aplikasi tertentu bisa kroscek terlebih dahulu aplikasi tersebut apakah terdaftar di OJK dan berizini resmi.

Teman-teman bisa mengeceknya melalui internet. Anda bisa search dengan kata kunci daftar pinjaman online legal OJK.

Pinjam Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Membayar

Ketika melakukan peminjaman uang baik melalui pinjaman online ataupun pinjaman konvensional alangkah baiknya jika anda meminjam dana sesuai dengan kebutuhan anda saat ini dan pastikan juga kemampuan anda dalam membayar sudah anda perhitungkan secara matang-matang.

Anda melakukan pinjaman apapun baik online ataupun offline, baik yang ilegal ataupun legal akan tetap menjadi masalah jika anda tidak mampu melunasi pembayaran sesuai tanggal jatuh tempo.

Jangan gelap mata melihat limit dana yang diberikan, pinjamlah sesuai kebutuhan dan kemampuan anda membayar.

Jangan sampai anda telat bayar terkena denda dan bunga lebih yang tentunya hanya akan menyusahkan anda dikemudian hari. 

Cek Bunga Pinjaman dan Segala Biaya Tambahan yang Dibebankan

Sebelum anda memilih dan mengajukan pinjaman online. Setiap aplikasi pinjaman online menawarkan bunga pinjaman dan biaya administrasi yang berbeda-beda.

Pastikan anda sudah membaca itu semua. Pilihlah aplikasi pinjaman online legal yang memberikan bunga rendah dan biaya tambahan yang tidak banyak.

Kan ada banyak tu aplikasi pinjol legal (OJK) teman-teman bisa cari tahu dulu mana aplikasi pinjaman online legal yang rekomended melalui internet, bisa disearching atau nonton video review dari pengguna aplikasi tersebut.

Konsumen cerdas haruslah teliti sebelum membuat keputusan. Apalagi dikondisi butuh dana, maka memilih pinjol dengan bunga rendah dan biaya admin sedikit adalah keputusan yang bijak.

Jangan Gali Lubang Tutup Lubang

Kelebihan dari pinjaman online adalah dipengajuannya yang mudah dan praktis hanya melalui sebuah smartphone anda bisa melakukan pinjaman uang secara langsung. 

Namun jangan terlena dengan kemudahan yang diberikan. Seperti point yang sudah saya sebutkan sebelumnya pinjamlah sesuai kebutuhan dan kemampuan membayar anda.

Ini penting agar anda  tetap bisa membayar cicilan dan melunasinya tepat waktu, jangan sampai anda melakukan hal seperti gali lubang tutup lubang.

Pinjam uang dari pinjol 1 tidak mampu membayar lalu pinjam ke pinjol 2 untuk membayar ke pinjol 1. Akibatnya anda akan masuk ke lingkaran setan dan menjadi susah hanya untuk melunasi pinjaman dan bunga yang diberikan.

Bekerja keraslah agar bisa mendapatkan penghasilan lebih, pinjaman online ini hanya penolong anda sementara selanjutnya anda sendirilah yang harus menyelesaikan.

Pinjaman online bukanlah sesuatu yang tidak boleh anda lakukan, namun pastikan anda cerdas dan teliti sebelum menggunakan. Pinjaman online bisa jadi solusi sementara anda yang sedang butuh data cepat dan tanpa ada jaminan, namun tetaplah kita harus bijaksana dalam menggunakannnya.

Sekian dari saya terima kasih, jika bermanfaat silakan share artikel ini.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic