Cara Mengetahui Spesifikasi Lengkap Laptop atau PC Windows

Multimedialy.com - Blog Tekno - Kita sebagai pengguna komputer baik komputer desktop ataupun laptop sering kali lupa dan tidak mengetahui tentang spesifikasi detail dari komputer yang kita gunakan. Anda mungkin mengetahui sekilas tentang spesifikasi komputer anda seperti processor core i berapa (kalau intel) atau amd apa, ram berapa giga, hardisk/ssd berapa kapasitasnya.

Namun kita kadang tidak tahu detail lengkap dari spesifikasinya, misal processornya i3 tapi seri berapa, pakai graphic card seri apa, dll. 

Mengetahui spesifikasi detail dari komputer kita bisa dikatakan cukup penting agar kita tahu seberapa kemampuan maksimal dari komputer kita. 

Jadi semisal anda menginstall aplikasi atau game tertentunya anda bisa baca spesifikasi minimal yang untuk bisa menjalan program tersebut. Anda bisa tahu apakah komputer atau laptop anda kuat atau tidak untuk menjalannkannya.

Selain itu jika anda ingin membeli komputer/laptop (terutama bekas) maka anda juga perlu tahu cara untuk mengetahui spesifikasi lengkapnya agar tentunya anda bisa memperkirakan harga yang layak untuk barang tersebut.

Baca juga: Tips dalam Membeli Laptop Bekas

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui spesifikasi detail dari komputer atau laptop yang kita pegang? berikut pembahasannya.

Mengetahui Spesifikasi Komputer/Laptop di Windows 10 melalui Settings

Untuk anda pengguna sistem operasi terbaru Windows 10 anda bisa mengetahui detail spesifikasi komputer anda melalui menu Settings, caranya:

  1. Tekan tombol Windows pada keyboard untuk membuka Start Menu.
  2. Silakan klik dan buka menu Settings.
  3. Selanjutnya silakan scroll menu sebelah kiri dan buka menu Abouts (silakan di klik).
  4. Disini anda akan melihat spesifikasi komputer anda hardware (tipe processor, kapasitas ram, system type apakah 32-bit atau 64-bit, dll) dan juga spesifikasi software (versi windows 10, tipe, build,dll).

Mengetahui Spesifikasi Komputer/Laptop Melalui System pada Control Panel

Jika sebelumnya anda bisa mengetahui spesifikasi komputer dengan mudah melalui menu Setting yang hanya ada pada OS Windows 10. Cara kedua ini bisa anda lakukan di semua versi Windows seperti Windows 7, 8, 8.1, dan 10.

Untuk mengetahui spesifikasi komputer/laptop melalui control panel, berikut caranya:

  1. Tekan tombol Start (windows) lalu ketikan Control Panel untuk melakukan pencarian dan silakan klik untuk membukannya.
  2. Jika sudah anda buka Control Panel anda akan disuguhkan banyak pilihan menu silakan klik menu System.
  3. Setelah itu akan muncul Basic System Information yang berisi spesifikasi komputer/laptop anda seperti Processor, RAM, Sistem Operasi, dll.

Selain melalui Control Panel anda juga bisa membuka Basic System Information dengan cara lain, yaitu melalui: 

File Explorer buka pada bagian This PC lalu Klik Kanan dibagian kiri lalu klik Properties

Maka akan muncul Basic System Information sama seperti jika anda akses dari Control Panel.

Mengetahui Spesifikasi Komputer/Laptop Paling Lengkap dengan DXdiag (Direct Diagnostic Tool)

Cara ini cukup simpel dan favorit saya karena anda bisa mengetahui lebih banyak dan detail lagi mengenai spesifikasi komputer atau laptop anda.

Kita tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan karena Dxdiag ini bawaan dari Windows bisa anda akses kapan saja, berikut caranya:

  1. Tekan tombol Windows + R (untuk menjalan perintah RUN).
  2. Jika sudah akan muncul pop up pencarian silakan ketikan "dxdiag" lalu enter atau ok.
  3. Setelah itu akan muncul lengkap spesifikasi laptop atau komputer anda yang ada di dxdiag/direct diagnostic tool.

Menggunakan System Information

Anda bisa menggunakan tools atau aplikasi bawaan windows yang bernama System Information untuk mengetahui spesifikasi komputer atau laptop anda secara lengkap dan detail, berikut caranya:

  1. Tekan tombol Start/Windows lalu ketikan saja System Information setelah ketemu silakan klik untuk membuka aplikasinya.
  2. Setelah itu akan muncul spesifikasi lengkap komputer/laptop anda.

Cara ini cukup simpel dan memberikan banyak informasi detail spesifikasi komputer/laptop. Secara penyajiannya juga lebih mudah dimengerti dengan menggunakan tabel.

Mengetahui Spesifikasi Komputer/Laptop Melalui CMD

Buat anda yang suka melakukan perintah dengan ketikan atau command line instruction maka bisa mencoba untuk menggunakan CMD untuk mengetahui spesifikasi komputer/laptop yang sedang anda gunakan.

Untuk caranya sebagai berikut:

  1. Buka CMD / Command Prompt silakan cari dengan tekan tombol Windows lalu ketikan "CMD" setelah itu jangan lupa klik untuk membukannya.
  2. Jika sudah terbuka anda bisa mengetikan perintah systeminfo lalu Enter dan tunggu proses eksekusi perintah.
  3. Jika sudah maka akan muncul spesifikasi lengkap komputer/laptop anda di CMD.

Sistem kerja yang diberikan adalah dengan menjalankan systeminfo.exe (bisa anda search dan buka manual tanpa CMD). Dengan cara ini anda diberikan spesifikasi yang lebih lengkap dan detail lagi.

Mengetahui Spesifikasi Komputer/Laptop Melalui Powershell

Windows Power Shell atau dulunya kita kenalnya dengan nama Microsoft Power Shell mempunyai fungsi yang kurang lebih sama seperti CMD yaitu untuk melakukan sebuah command line interface. Power Shell ini secara fungsi dan perintah jauh lebih lengkap dibandingkan Command Prompt.

Tentunya karena PowerShell ini lebih lengkap bisa juga untuk mengecek spesifikasi komputer/laptop kita sama lengkap dan baiknya dengan CMD. Berikut caranya:

  1. Tekan Tombol Start/Windows lalu ketik PowerShell lalu silakan buka Windows Power Shell (dari hasil pencarian).
  2. Setelah berhasil membuka Windows PowerShell ketikan baris perintah berikut ini "Get-ComputerInfo" lalu tekan Enter untuk mengeksekusi perintah.
  3. Tunggu sebentar proses membaca data spesifikasi komputer/laptop anda, setelah itu anda akan melihat hasil spesifikasinya

Mengecek spesifikasi komputer dengan powershell anda dapat melihat begitu banyak informasi tentang komputer anda.

Menggunakan Aplikasi Tambahan Untuk Cek Spesifikasi

Jika anda masih merasa kurang dengan aplikasi dan tools bawaan dari windows yang bisa digunakan untuk memberikan informasi spesifikasi komputer atau laptop anda, bisa menggunakan aplikasi tambahan (third party) yang perlu anda install sendiri.

Dimana aplikasi ini tentunya mempunyai fungsi untuk memberikan informasi seperi CPU, hardware apa yang gunakan dan bahkan hingga ke suhu mulai dari CPU, GPU ada diberikan. Anda juga bisa melakukan hal lain seperti benchmark, stress tess. Secara fitur bisa dikatakan lebih lengkap. 

Ada beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa anda coba pakai seperti: CPU-Z, Speccy, HWiNFO.

Mungkin itu dulu sharing dari saya tentang cara untuk bisa melihat dan mengetahui spesifikasi detail komputer atau laptop anda yang bersistem operasi windows. Dengan artikel ini anda bisa punya banyak pilihan cara untuk mengetahuinya silakan gunakan cara mana yang termudah dan terbaik untuk anda..

Semoga bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic