Layanan Bisnis (Jasa): Pengertian, Manfaat dan Keuntungan Memilikinya!

Multimedialy.com - Sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa seorang penjual professional, seringkali menggunakan teknik yang berbeda saat menjual layanan daripada produknya.

Tetapi meskipun suatu produk menawarkan sesuatu yang nyata untuk ditunjukkan kepada pelanggan selama presentasi, ada banyak keuntungan memiliki bisnis jasa dibandingkan bisnis yang menjual produk.

Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat meningkatkan hasil pemasaran Anda dengan memahami keunggulan dari pada sebuah layanan atau jasa dibandingkan dengan hanya sebuah produk bukan?

Pengertian Layanan Bisnis atau Jasa

Mengutip dari blog salah satu pengusaha digital Indonesia Rifqi Mulyawan, sebuah layanan bisnis, khususnya jasa adalah sebuah bisnis yang menjual layanan atau jasa secara langsung kepada konsumen atau bisnis lain.

Sektor layanan atau jasa ini terbilang dapat aktif di seluruh dunia.

Selain itu, ada banyak orang berinteraksi dengan bisnis semacam itu setiap harinya.

Perusahaan juga dapat memiliki subdivisi yang menawarkan layanan, sebagai contoh misalnya sebuah perusahaan computer yang mungkin memiliki lengan layanan relevan untuk memberikan dukungan kepada penggunanya.

Manfaat dan Keuntangan dari Layanan Bisnis (Jasa)

Menurut Rifqi, bisnis jasa atau layanan tidak berwujud secara fisik, mereka hanya muncul ketika dibutuhkan oleh konsumen, yang membuat sifat dari jenis bisnis ini sangat berbeda dari yang lainnya.

Beberapa contoh yang baik untuk sebuah layanan dan jasa, yaitu termasuk sektor konsultasi, perbaikan alat, dukungan komputer, perawatan kesehatan, utilitas, layanan bisnis, real estat, layanan hukum, Pendidikan dan lain sebagainya.

Dalam semua kasus ini, orang-orang diberikan layanan, bukan produk, apakah mereka menerima perawatan untuk masalah medis atau belajar di kelas sekolah dasar.

Terkait manfaatnya sendiri, Rifqi Mulyawan juga mengatakan ada beberapa keuntungan yang akan kalian dapatkan, khususnya sebagai seorang pemiliknya sebagai berikut.

1. Sampel

Pertama yaitu sampel.

Sampel cuma-cuma atau yang gratis dari suatu produk dapat merugikan perusahaan Anda, walaupun itu merupakan versi yang lebih kecil dari produk sebenarnya.

Hal ini tentunya membuat sampel produk gratis menjadi sesuatu yang harus dibayar atau representasi yang tidak akurat dari penawaran perusahaan Anda.

Bisnis layanan atau jasa dapat menawarkan sampel gratis dari penawaran bisnisnya dengan biaya rendah dan memberikan gambaran layanan yang akurat kepada pelanggannya.

Sebagai contoh misalnya, layanan pembukuan dapat menunjukkan kepada pelanggan bagaimana menangani tanda terima untuk proyek kecil untuk menunjukkan kualifikasinya dan memberikan pelanggan representasi akurat dari kemampuan perusahaan pembukuan.

2. Kustomisasi

Ke-2 (dua), yaitu adalah kostumisasi.

Sebuah produk barang berwujud yang tidak selalu mudah untuk diubah.

Beberapa produk dapat disatukan berdasarkan spesifikasi klien, tetapi jika pelanggan menginginkan produk merah dan bukan yang berwarna biru, maka perubahan manufaktur perlu dilakukan.

Sebuah layanan dapat disesuaikan secara instan untuk mengakomodasi kebutuhan hampir semua pelanggan.

Misalnya, perusahaan dukungan teknologi informasi yang dapat menawarkan berbagai tingkat dukungan berdasarkan kebutuhan klien dan menambahkan teknisi bersertifikat untuk sistem operasi dan perangkat lunak lain sesuai kebutuhan.

3. Proposisi Penjualan yang Unik

Proposisi penjualan yang unik maksudnya yaitu bagaimana perusahaan Anda menonjol dari persaingan.

Perusahaan yang bersaing di pasar sama yang menjual produk sejenis memiliki sejumlah cara untuk membedakan diri mereka sendiri.

Perusahaan layanan atau jasa dapat menjadi dinamis dalam penawarannya dan menciptakan beberapa cara untuk membedakan dirinya dari pesaing.

Sebagai contoh misalnya, beberapa kantor akuntan semuanya dapat menawarkan layanan dasar yang sama tetapi juga dapat menawarkan layanan khusus yang membantu setiap perusahaan menonjol di mata klien yang terbilang potensial.

4. Skalabilitas

Menurut Rifqi Mulyawan, manfaat terakhir dari sebuah layanan atau jasa bisnis yaitu adalah skalabilitas.

Saat Anda menjual produk, Anda dibatasi oleh aksesori dan peningkatan yang ditawarkan setiap produk.

Dengan perusahaan jasa, Anda dapat menambahkan layanan ke penawaran Anda saat pelanggan menunjukkan permintaan.

Sebagai contoh misalnya, jika Anda menjalankan layanan perincian mobil dan klien telah mengindikasikan bahwa mengambil dan mengantar kendaraan akan menjadi layanan yang bermanfaat, maka Anda dapat menambahkannya ke penawaran Anda untuk mendapatkan lebih banyak klien.

Akhir Kata

Itulah pembahasan tentang pengertian dan manfaat dari sebuah layanan bisnis (jasa).

Secara sederhana dalam memahaminya, pikirkan tentang ketika Anda membayar seseorang untuk melakukan sesuatu untuk Anda.

Mungkin Anda membayar seseorang untuk mendesain website Anda, mengganti platform bisnis Anda atau bahkan menyiapkan data-data terkait Anda di kantor?

Ya! Itulah yang disebut dengan layanan bisnis atau jasa, dimana Anda mungkin membayar seseorang untuk melakukan hal-hal ini untuk Anda karena Anda tidak memiliki waktu atau keterampilan untuk melakukannya sendiri, atau mungkin Anda hanya tidak ingin melakukannya sendiri, dan Anda layak membayar orang lain untuk melakukannya.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic