Apa itu SEO? Belajar SEO Blogger (Blogspot)

Multimedialy.com - Fajri Alhadi - SEO adalah kependekan dari "search engine optimization) atau kalau kita bahasa indonesia memiliki arti pengoptimalan mesin pencari. 

Search engine atau mesin pencari sangat penting perannya dalam dunia website/blog terutama untuk mendatang pengunjung. 

Jika kita ibaratkan semua website yang ada didunia ini sebuah kertas yang berisi beraneka ragam isi tulisan dan gambar maka search engine adalah halam daftar isi. Dimana kita sebagai orang yang membutuhkan informasi di internet akan diarahkan ke sumber informasi yang tepat dan terbaik.

Sebagai contoh misal anda mencari informasi di search engine (google) dengan kata kunci Ebook SMK Jurusan Multimedia maka akan muncul semua web/blog yang terindex (masuk database google). 

Lalu pertanyaan selanjutnya muncul bagaimana cara agar blog kita bisa terindex atau masuk ke database google dan bisa muncul di halaman awal atau peringkat atas pencarian google?

Jawabannya adalah SEO.

Dengan SEO kita sebagai seorang yang memiliki blog melakukan berbagai cara agar blog atau artikel kita bisa ditemukan dan mendapatkan peringkat yang baik dihasil pencarian dengan tujuan tentunya mendatang traffik atau kunjungan yang lebih banyak.

Baca juga: Belajar SEO untuk Pemula

Disini saya sebutkan search engine sebagai google karena memang Google search engine paling banyak digunakan di Indonesia bahkan secara global. Ada banyak search engine lainnya seperti yahoo, bing, yandex, baidu, duckduckgo, dll.

Nah pada kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya didalam dunia pengoptimalan mesin pencari ini dalam hal ini spesifik untuk search engine google dan untuk blogger (blogspot) yang mana merupakan platform blog gratis yang saya gunakan.

Mungkin bisa menjadi solusi buat teman-teman yang blognya tidak terindex, terindeks tapi lama, ataupun tidak masuk halaman 1 pencarian sehingga tidak mendatangkan pengunjung ke blog. 

Langsung saja kita masuk ke point-pointnya:

Gunakan Google Search Console (Webmaster)

Ini point yang wajib sekali anda lakukan bagi anda pemiliki blog agar blog anda terindeks dan ketika anda update artikelpun bisa lebih mudah di indeks google.

Google search console ini merupakan layanan gratis dari google yang sangat membantu anda sebagai pemilik website untuk mengoptimal SEO Google dan mendapatkan statistik kata kunci pencarian yang masuk dari google.

Anda juga akan mendapatkan pesan jika terjadi kesalahan atau masalah ketika google melakukan crawl ke blog anda. 

Ada banyak fitur yang bisa anda gunakan dan manfaatkan untuk mengoptimalkan situs anda di pencarian google, namun yang menurut saya wajib anda lakukan ada 2 poin yaitu mendaftarkan blog anda dan mengirim peta situs blog anda agar Google bisa melakukan crawl dengan cepat dan akurat ke semua artikel dan halaman di blog anda. Untuk tutorialnya bisa baca artikel: Cara Mendaftar dan Mengirim Sitemap di Google Search Console.

Artikel Bermanfaat Adalah Kunci

Google (search engine) mereka selalu berusaha memberikan hasil pencarian serelavan mungkin dengan pencarian pengguna mereka. 

Disini mungkin kita bisa sedikit tahu ketika orang sedang mencari di search engine google mereka sedang dalam masalah. Masalah disini adalah sebuah ketidaktahuan pencari dan mereka ingin mengetahui jawabannya di google (search engine).

So googlepun berusaha memberikan jawaban atas masalah penggunnya sebaik mungkin dengan menampilkan hasil pencarian yang google anggap bisa menyelesaikan permasalah tersebut.

Jadi disini intinya untuk bisa menjadi pilihan utama atau masuk halaman pertama google, pastikan artikel yang kita buat mempunyai nilai utama menyelesaikan permasalahan orang yang mencari kata kunci tersebut.

Misal anda menuliskan artikel "Cara mengatasi local disk C yang Penuh" maka berikan artikel tersebut jawaban akan permasalahan pengunjung, berikan tutorial terbaik yang ada di internet, berikan informasi selengkap dan sedetail mungkin sehingga pembaca bisa terselesaikan permasalahannya.

Point disini:

  1. Artikel tersebut harus bermanfaat
  2. Artikel tersebut menyelesaikan atau menjawab pertanyaan atau permasalahan yang sedang dialami pembaca.
  3. Buat artikel anda serinci dan sedetail mungkin sehingga pengunjung yang membaca tidak timbul pertanyaan baru karena permasalahnya mereka sudah terjawab dengan artikel anda.
  4. Perhatikan juga orisinalitas artikel, karena google tidak akan menaruh artikel anda di halaman pertama jika anda hanya menuliskan artikel yang sudah ada di internet (jangan copas). Tulis dan terangkan segala sesuatu dengan gaya bahasamu sendiri.

Dengan memperhatikan semua poin diatas saya rasa pembaca artikel anda akan senang yang artinya googlepun akan senang memasukan anda ke halaman 1 pencariannya jika anda pengunjung lain yang membutuhkan informasi tersebut.

Gunakan Judul Artikel yang Sesuai dan Menarik Pengunjung

Ketika anda menulis sebuah artikel baru di blogger maka anda perlu menuliskan sebuah judul untuk artikel yang sedang anda tulis.

Untuk judul ini sangat penting dalam hal kata kunci pencarian yang akan masuk ke blog kita. Jadi pastikan judul artikel yang anda tulis itu sesuai dengan isi artikel yang anda tulis.

Jangan sampai menuliskan artikel tanpa judul yang jelas yang tidak berhubungan dengan isi artikel. 

Kita sebagai blogger harus bisa memprediksi apa yang mungkin orang ketikan ketika membutuhkan artikel tersebut, dengan bisa memperkirakan judul pencarian yang tepat maka kita bisa mendapatkan hasil pencarian yang baik dan sesuai.

Selain itu anda bisa memberikan sedikit kata tambahan yang bisa menarik pengunjung (sedikit bumbu clickbait) tapi tetap ini hanya sebagai tambahan. Yang terpenting harus ada poin utama pembahasan dalam judul artikel anda.

Judul yang menarik ini hanya sebagai tambahan agar bisa menarik pengunjung ketika orang menemukan artikel kita di google, dengan judul yang menarik kita bisa memancing orang untuk mengklik artikel kita dibanding blog lain.

Ibarat sebuah buku maka judul artikel ini seperti covernya yang mana akan dilihat pertama kali oleh seorang pengunjung pastikan sesuai dan menarik.

Atur Permalink Artikel yang Sesuai Kata Kunci

Ketika anda menulis artikel baru di blogger maka di tab sebelah kanan akan ada pengaturan Link yang bisa buka, secara default pengaturan permalink ini adalah otomatis (menyesuaikan judul yang anda tulis). 

Sampai disini sebenarnya menurut saya pribadi tidak ada masalah dengan permalink otomatis.

Namun masalah muncul ketika anda menulis judul artikel yang cukup panjang maka permalink otomatis hanya mengambil beberapa bagian saja.

Permalink yang sesuai kata kunci menurut saya masih mendukung pengoptimal mesin pencari terutama untuk mendukung kata kunci utama yang kita ingin targetkan muncul dipencarian.

Nah disini dalam dunia permalink ada 2 kubu. 

Kubu pertama yang mengatakan bahwa permalink pendek lebih baik, artinya kita cukup menggunakan permalink pendek 1-2 kata saja dari artikel tersebut.

Kubu kedua sebaliknya permalink yang baik yang panjang yang full berisikan kata kunci artikel kita.

Kalau saya pribadi tidak mau ambil pusing dengan ini mau permalink pendek (dengan berharap kata kunci lain bisa ngikut masuk) atau permalink panjang spesifik (dengan berharap jadi nilai plus di hasil pencarian kaca kunci tersebut). 

Google sendiri sudah menjawab pertanyaan ini bahwa itu semua tidak berpengaruh.

Jadi intinya menurut saya pastikan permalink mengandung kata kunci bisa pendek (dengan 1-2 kata) atau panjang full (spesifik dengan kata kunci yang anda targetkan).

Aktifkan dan Gunakan Deskripsi Penelusuran

Deskripsi penelusuran ini adalah fitur yang ada di pengaturan Blogger namun secara default belum diaktifkan. Selain judul, deskripsi penelusuran ini juga penting karena ini merupakan bagian yang muncul juga di hasil pencarian.

Jadi deskripsi penelusuran ini akan menjelaskan secara singkat ke mesin pencari dan juga pengunjung tentunya. Jika judul hanya berisi 1 kalimat pendek maka dengan deskripsi ini anda bisa menjelas lebih detail dan lengkap isi artikel anda.

Untuk itu kita perlu mengaktifkan fitur Deskripsi Penelusuran ini di Blogger agar kita bisa mengisikan secara manual satu persatu deskripsi peneluran dari artikel yang kita tulis. Jadinya deskripsi yang muncul akan unik dan akurat mengambarkan isi artikel.

Untuk mengaktifkan Deskripsi Penelusuran carannya sebagai berikut:

  1. Masuk ke Setelan.
  2. Silakan scroll ke bawah ke bagian Tag meta, lalu pada menu Aktifkan deskripsi penelusuran silakan di aktifkan.
  3. Isi Deskripsi penelusuran dibawahnya, dengan deskripsi blog anda (untuk halaman homepage/utama).
  4. Selanjutnya setiap anda menuliskan artikel disebelah kanan (dibawah lokasi) akan muncul tab Deskripsi Penelusuran, silakan isi dengan deskripsi singkat artikel yang sedang anda tulis.
  5. Pastikan penulisan deskripsi mengambarkan isi artikel (garis besar artikel), unik (bukan kalimat template yang anda ulang-ulang setiap artikelnya) dan akurat.

Gunakan Template Blog yang SEO Friendly

Template atau tema blogger yang anda gunakan penting untuk anda perhatikan karena pengaruhnya cukup signifikan terhadap hasil pencarian.

Template yang baik akan memiliki tampilan yang sederhana dan memudahkan pengunjung dalam bernavigasi di blog anda (simpel tidak buat mereka bingung dengan tampilan blog anda).

Sedangkan ada faktor lain selain tampilan yang juga mempengaruhi kenyamanan pengunjung blog yaitu kecepatan akses. 

Template dengan fitur atau widget yang cukup ramai memang sekilas terlihat menarik tapi apakah fitur itu penting dan terpakai untuk semua pengunjung tentu saja tidak. Yang pasti itu hanya menambah waktu load blog anda.

Perlu digaris bawahi kecepatan load juga masih jadi pertimbangan google untuk SEO Onpage (pengoptimalan yang ada dihalaman tersebut).

Itu baru dari segi pengunjung, untuk segi mesin pencari atau google suka blog atau web yang mempunyai struktur data yang jelas point yang diperhatikan seperti h1 untuk judul, markup data pastikan valid (agar google bisa membaca data informasi artikel anda dengan baik dan benar), dll.

Di internet ini banyak sekali Template atau Tema Blogger mulai dari yang gratis sampai berbayar ada, lalu apa kriteria yang baik yang harus anda perhatikan? berikut poin penjelasan dari saya:

  1. Dari segi tampilan anda tidak perlu tampilan yang begitu kompleks dan ramai untuk sebuah blog, simpel saja justru membuat pengunjung nyaman dan tidak bingung dengan navigasi situs anda. 
  2. Kecepatan loading pastikan juga tidaklah berat anda bisa melakukan pengujian kecepatan load tema yang akan gunakan dengan tools seperti Pagespeed Insight atau Gtmetrix jika hasilnya hijau pastinya sudah sangat layak anda gunakan.
  3. Valid data terstruktur yang artinya kita sudah mengikuti kaidah dari google agar google bisa melihat informasi yang ada diblog anda dengan baik dan menampilkannya dengan baik juga di hasil pencarian. Ada 2 tools pengujiannya yang bisa anda gunakan Google Rich Snippet atau Validator Markup Schema. Pastikan semuanya valid tidak ada error satupun untuk halaman utama, artikel, dan page.
  4. Mobile Friendly. Kita tahu bahwa sekarang ini orang lebih banyak mengakses internet melalui mobile smarphone yang itu artikel blog kitapun harus dirancang bisa tampil dengan baik diberbagai ukuran layar mulai dari smartphone, tablet sampai komputer semuanya bisa tampil dengan optimal.

    Untuk itu penting bagi kita menggunakan template atau tema blogger yang sudah responsive atau istilah google Mobile Friendly. Kita bisa melakukan pengujian apakah tema blogger ini sudah mobile friendly atau belum dengan tools: Pengujian Mobile Friendly.

Selalu Share Artikel Terbaru Blog Ke Sosial Media

Ketika blog anda masih tergolong baru maka kekuatan atau power blog anda masih kecil dimata google. Ibarat orang blog anda belum mendapatkan kepercayaan lebih dari google karena masih tergolong baru. 

Inilah kenapa blog baru kalau memiliki masalah seperti susah di index artikel barunya, ataupun lama indexnya. Hal ini wajar karena blog kita belum mempunyai authority yang tinggi.

Anda tidak perlu khawatir asalkan anda memperhatikan semua poin diatas dan tentunya mengisi blog anda rutin dengan artikel berkualitas nanti google juga akan memberikan authority lebih dan blog anda akan lebih cepat index dan secara posisi pencarianpun akan lebih baik.

Untuk awal-awal merintis blgo saya sarankan untuk selalu membagikan artikel terbaru ke berbagai sosial media.

Kenapa? 

  1. Sebagai sumber traffik, jadi karena blog baru kita masih minim kunjungan atau pembaca dari hasil pencarian google maka kita bisa jemput bola dengan membagikan link artikel terbaru ke sosial media kita.
  2. Untuk meningkatkan authority blog itu sendiri. Semakin banyak share artikel/blog kita google akan mengangap blog kita bermanfaat, setidaknya untuk saat ini baru kita sendiri (pemilik) yang share artikel. Itu lebih baik dilakukan dari pada anda diamkan saja bukan.
  3. Sebagai sumber backlink yang mudah kita dapatkan dan tentunya natural backlink aman dari penalti google karena berasal dari sosial media.

Untuk membagikan ke sosial media juga pastinya jangan terlalu agresif karena hanya akan membuat link blog anda terblokir di sosial media tersebut malah jadinya anda tidak bisa share link blog anda lagi ke sosmed tersebut sampai batas waktu tertentunya.

Share seperlunya saja jangan spam, ok.

Backlink?

Buat teman-teman yang belum tahu backlink itu apa? jadi backlink itu adalah link/tautan dari situs lain menunju situs/blog anda. Jadi ada web/blog lain yang menaruh link blog anda. Link ini akan memberi signal baik (semacam rekomendasi) ke google (jika backlink berasal dari situs yang baik juga dan sesuai konteks pemberian linknya). Anda bisa search untuk lebih lengkapnya.

Pointnya disini yang ingin saya sampaikan bahwa backlink itu bisa datang dengan sendirinya asal anda menuliskan artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi orang.

Saya sendiri merasakan hal ini dimana ada beberapa artikel saya di masukan linknya sebagai referensi belajar ke situs sekolah, kampus dan bahkan kemendikbud.

Untuk anda yang ingin mencari backlink saya sarankan tidak usah terlalu banyak mencari cukup buat konten yang berkualitas. 

Kalau mau mencari saya sarankan di blog/situs yang secara authority diatas blog anda. Anda bisa bermain diforum-forum ataupun mencoba guest blog untuk mendapatkan backlink gratis.

Dengan segala poin yang saya jelas diatas jika sudah anda lakukan dengan baik dan benar, insya allah bisa bersaing masuk ke halaman 1 pencarian google tapi kembali lagi tergantung tingkat persaingan juga. 

Untuk persaingan menengah kebawah bisalah melawan, untuk persaingan kelas atas yang mana kata kunci tersebut dipenuhi situs berita populer saya rasa anda perlu ekstra tenaga untuk membuat artikel yang lebih berkualitas dan suntikan backlink tambahan.

SEO sangat penting bagi sebuah blog agar kita bisa mendatang lebih banyak pengunjung dengan konten yang ada, karena pengunjung bisa diartikel uang bagi seorang blogger (melalui jalur iklan, dll). So semakin banyak pengunjung masuk semakin baik bukan, itulah kenapa SEO penting sekali anda implementasikan dan anda terus update tentang SEO.

Mungkin itu dulu dari saya dengan penjelasan apa itu SEO dan belajar sekilas tentang SEO untuk blogger yang biasa saya praktekan. 

Semoga bermanfaat jangan lupa share artikel ini.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic