Cara Membuat Akun Instagram Untuk Bisnis

Multimedialy.com - Instagram sosial media berbasis foto dan video pendek memiliki banyak sekali pengguna terutama kaum milenial. Instagram bisa dikatakan platform sosial media terbaik untuk berjualan ataupun berbisnis.

Selain pengguna aktifknya yang cukup banyak, basis sosial media yang mengandalkan foto dan video ini cukup bisa menarik orang dan memudahkan kita untuk bisa menginformasikan bisnis atau jualan kita.

Baik bisnis barang atau jasa semua cocok untuk dipromosikan di instagram. Orang yang tidak tahu produk kita bisa tahu berkat promosi di instagram, orang yang kurang yakin dengan jasa kita jadi yakin karena adanya instagram.

Intinya instagram ini sosial media yang sayang untuk anda lewatkan untuk berbisnis, anda harus mempunyai akun bisnis anda bisa scale up bisnis dengan memperkenalkan, mempromosikan dan membangun brand bisnis kita di instagram.

Lalu pertanyanyaan sekarang bagaimana cara membuat sebuah akun instagram untuk berbisnis? apa langkah-langkah yang harus saya mulai, berikut point-pointnya:

Membuat Akun Instagram

Jika anda belum mempunyai akun instagram untuk bisnis anda maka pertama yang harus anda lakukan adalah membuat akun instagram untuk bisnis anda.

Dalam membuat akun instagram bisnis tidak jauh berbeda ketika anda membuat akun instagram untuk pribadi.

Buat akun instagram seperti biasa, anda bisa menggunakan email atau nomor handphone aktif untuk proses verifikasi akun. 

Jika anda membuat akun bisnis anda dari awal pastikan anda memilih jenis akun instagram bisnis, karena akan banyak perbedaan fitur antara akun bisnis dengan akun untuk personal seperti fitur analytic yang lebih lengkap, iklan instagram, memasukan alamat, verifikasi akun, dll.

Yang perlu anda perhatikan mungkin adalah nama akun dan username akun. 

Nama akun tentunya sesuai dengan nama bisnis anda, namun saya juga ada sedikit format nama akun yang bisa anda coba pakai yaitu : nama brand - kata kunci bisnis anda (deskripsi singkat).

Untuk username bisa menggunakan nama brand anda ataupun katakunci bisnis anda (jika nama brand sudah terpakai oleh orang lain). Sebisa mungkin tidak menggunakan tambahan angka atau karakter seperti _ untuk instagram bisnis karena hanya akan menyulitkan untuk orang mengingat username instagram kita.

Melengkapi Profil Akun Bisnis Instagram

Setelah akun instagram bisnis anda buat selanjutnya anda lakukan adalah melengkapi setiap detail informasi yang dibutuhkan.

Untuk sebuah bisnis kelengkapan informasi adalah kunci untuk membangun kepercayaan awal para calon klien/buyer kita.

Manfaatkan sebaik mungkin bio instagram. Anda manfaatkan sebaik mungkin Bio untuk di isikan dengan informasi-informasi yang langsung dibutuhkan oleh pengunjung ketika datang ke profil akun instagram bisnis anda.

Seperti cakupan bisnis anda, jam buka atau operasional toko, dan anda bisa mengisi link bio untuk diarahkan ke no.whatapps ataupun linktre untuk membuatnya menjadi banyak pilihan, misal ke marketplace, dan sosial media lain.

Alamat juga penting untuk di isi untuk menambah kepercayaan calon klien atau buyer bisnis anda. Kontak juga bisa anda isikan dengan nomor hp dan email anda. 

Saran saya bedakan nomor handphone/whatapps bisnis dan pribadi anda. Email juga bisa buat tersendiri agar nama email bisa disesuaikan dengan nama bisnis anda. Hindari nama email yang terlalu sulit seperti dengan kombinasi angka yang membuatnya kurang profesional.

Mengisi Konten dan Mulai Berjualan

Setelah semua profile dan bio sudah anda lengkapi maka langkah selanjutnya anda perlu mengisi konten akun instagram bisnis kalian.

Untuk bisnis anda bisa memanfaatkan instagram hightlight untuk hal-hal penting yang akan dibutuhkan calon pembeli. Apa saja informasi yang dibutuhkan para pengunjung profile akun bisnis anda. P

Pastikan semua pertanyaan yang akan muncul di calon pembeli terjawab di instagram hightlight, dengan begini calon pembeli atau klien bisa lebih yakin dan anda sebagai admin tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama (umum) ditanyakan pengunjung.

Untuk postingan instagram selain untuk produk anda jual anda, juga selingin dengan sharing untuk menarik audience baru datang ke akun instagram anda.

Gunakan hastag yang relavan dengan postingan dan bisnis anda, intinya postingan ini bisa meningkatkan engangement instagram bisnis anda. Senakin dikenal bisnis anda semakin besar potensi penghasilan yang bisa anda hasilkan.

Sebenarnya masih banyak hal lagi yang bisa kita bahas, namun saya rasa akan kurang jika saya langsung membahasnya menjadi satu topik artikel. 

Intinya 3 point diatas wajib anda praktekan untuk membangun instagram bisnis anda, anda bisa juga memperhatikan instagram bisnis milih sebelah yang bisnisnya sudah besar di instagram. Mereka pasti punya formulai terbaik untuk instagram bisnis.

Namun jika anda orang yang tidak punya cukup waktu dan ingin fokus ke bisnis anda dibagian produksi. Anda bisa mencoba menggunakan Jasa Kelola Akun Instagram, dan Jasa Desain Konten Instagram dari Bigon.

So intinya mulai saja dengan 3 point diatas lalu kembangkan lagi dengan pengalaman anda nanti dilapangan.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic