Cara Mengecilkan Ukuran PDF (tanpa software)

Multimedialy.com - fdokumen.id - PDF bisa dikatakan salah satu jenis dokumen file komputer yang sering kita gunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Baik kita yang mengirim/mengupload ataupun menerima/mendownload file pdf.

Nah biasanya kita sering diminta baik untuk keperluan tugas sekolah, mendaftar sesuatu, melamar pekerjaan, untuk keperluan pekerjaan dan hal lainnya yang memerlukan kita mengirim suatu file dokumen dengan format pdf.

Disini biasanya ada sedikit masalah karena terkadang pihak penerima membatasi ukuran file dari sistem. Jadi misal maksimal ukuran file 1 mb, dimana mungkin file pdf kita lebih dari size tersebut.

Ya ukuran ini tentunya tergantung dari isi dokumen yang ada di pdf tersebut semakin banyak halaman dan gambar tentunya semakin besar juga sizenya.

Lalu bagaimana dong kalau kita perlu mengirim file pdf dengan ukuran maksimal sekian? bagaimana cara untuk mengecilkan ukuran pdf yang kita miliki?

Tenang sob saya ada solusi mudah dan praktisnya untuk mengecilkan ukuran file (compress) pdf dengan mudah dan cepat tanpa perlu install aplikasi tambahan di komputer atau smarphone kalian. Berikut tutorialnya:

Cara Kompress File Dokumen PDF

  1. Pertama tentunya pastikan anda sudah ada file dokumen pdf yang ingin dikecilkan (compress) ukuran filenya.
  2. Jika sudah silakan situs ilovepdf.com kita akan menggunakan tools gratis untuk compress pdf file.
  3. Setelah membuka websitenya silakan klik tombol "Select PDF file" lalu pilih file PDF yang ingin anda kecilkan ukuran filenya.
  4. Setelah itu anda bisa memilih "Compression Level" kalau anda via smarphone opsi ini perlu klik icon gerigi (setting). Mau yang Extreme (ukuran sangat kecil, kualitas berkurang) atau Recommended Compression (Kualitas tetap ok, file lebih kecil), atau Less Compression (kualitas tetap sama baiknya seperi asli, ukuran sedikit. berkurang).


  5. Jika sudah tekan Compress PDF.
  6. Tunggu sebentar prosesnya maka akan muncul link untuk mendownload file PDF yang sudah di compress atau kecilkan.
Dihasil anda bisa lihat ukuran file pdf anda sesudah di compress, jika dirasa anda membutuhkan pengurangan ukuran file yang cukup besar maka gunakan extreme agar file jadi kecil dan bisa anda gunakan untuk kebutuhan anda saat ini.

Mudah sekali bukan cara untuk mengecilkan ukuran file pdf?

Dengan cara ini anda bisa mengecilkan pdf sehingga bisa sesuai yang dimintai sistem atau orang yang ingin kita kirimi file pdf tersebut. Misal untuk melamar pekerjaan secara online via email maka file berkas yang akan kita kirim alangkah baiknya untuk dicompress/dikecilkan ukuran filenya. 

Mungkin itu dulu tutorial dari saya tentang cara untu memperkecil ukuran file dokumen pdf tanpa software tambahan, semoga bisa bermanfaat jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic