Cara Merawat Kamera Mirrorless Kesayangan Anda

Multimedialy.com - Kamera.id - Kamera Mirrorless sekarang ini semakin banyak pengguna dan peminatnya dipasaran. Tentunya anda yang sedang membaca artikel ini juga salah satu pengguna kamera mirrorless.  

Ya memang tidak bisa dipungkiri kamera mirrorless mempunya berbagai kelebihan dari kualitas, fitur dan ukurannya yang compact sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana dan lebih enak saja dipakai berlama-lama (lebih ringan dibanding kamera DSLR tentunya.

Baca juga: Bagian Kamera dan Fungsinya

Namun pada kali ini saya tidak akan membahas atau membandingkan kamera mirrorless dengan jenis kamera lain, melainkan mau membagikan cara merawat kamera mirrorless yang baik dan benar tentunya agar kamera mirrorless kesayangan kita tidak cepat rusak dikemudian hari.

Sama seperti kamera DSLR atau kamera jenis lainnya ataupun perangkat elektroknik lainnya pasti ada yang namanya usia atau batas waktu dimana ia akan rusak secara komponen.

Namun itu semua tentunya bisa kita cegah agar kamera mirrorless kita tetap bisa digunakan dan tidak rusak dari waktu kewaktu. Kuncinya adalah di cara penggunaan kita dan perawatannya. 

Berikut akan saya jelaskan beberapa point yang perlu anda perhatikan.

Gunakan Strap Kamera Untuk Keamanan Setiap Ingin Menggunakan Kamera Mirrorless

Tali strap merupakan aksesoris kamera yang kita anggap sepele namun memiliki banyak manfaat terutama untuk keamanan saat sedang menggunakan kamera mirrorlesss.

Kita tidak bisa menyepelekan untuk tidak menggunakan strap kamera ini. 

Saat pertama kali kita beli kamera biasanya diberikan strap kamera bawaan dari pabrikan, tentunya anda disarankan untuk memasangnya karena ada fungsi dan tujuannya.

Yaitu agar kamera tidak jatuh ke lantai saat kamera mirrorless yang kita gunakan lepas dari genggaman tangan kita.

Karena mau sehati-hati apapun kita atau sekuat apapun kita tidak menutup kemungkinan kamera terjatuh dan terlepas dari genggaman tangan, disinilah fungsi strap kamera agar kamera tidak jatuh karena masih pengaman berupa tali yang masih terikat dikamera dan badan kita.

Jadi strap kamera ini penting untuk ada dan dipasang ya guys, selalu gunakan strap kamera saat sedang menggunakan kamera mirrorless. 

Semakin aman kamera tentunya memperkecil kemungkinan kamera rusak.

Untuk penggunaan strap kamera yang baik dan benar ada 2 cara, yaitu:

Yang pertama dengan melingarkan strap pada leher kita saat digunakan seperti gambar dibawah ini.

Atau bisa juga dililitkan dengan tangan seperti ini.

Cara kedua ini memiliki fleksibilitas penggunaan yang lebih tapi untuk keamanan saya rasa lebih baik yang pertama.

Bersihkan Kamera Mirrorless Setelah Penggunaan

Saat menggunakan kamera mirrorless tentunya kita tidak bisa menghindari dari yang namanya kotor.

Kotor disini tidak selalu dalam artian kotor yang terlihat kasat mata. Kotor berupa debu dan pasir kecil yang mungkin terbawa angin diluar saat kita menggunakan kamera secara outdor bisa menempel dikamara.

Belum lagi hal-hal yang tidak terlihat seperti bakteri dan jamur dari luar yang menempel.

Para profesional biasa membersihkan kamera mirrorless mereka setelah digunakan, jadi setelah dipakai sebelum disimpan biasanya dilakukan pembersihan kamera untuk menghilangkan kotoran, dan debu yang mungkin menempel selama pemakaian sebelumnya.

Untuk membersihkan kamera mirrorless secara optimal saya sarankan anda mempunyai Cleaning Kit untuk kamera yang bisa anda beli di toko kamera ataupun secara online diberbagai marketplace.

Anda bisa mendapatkan seperangkat untuk membersihkan kamera ini cukup murah tidak sampai 50 ribu. Dimana cleaning kit kamera ini berisi alat seperti brush, blower, kain microfiber, cairan pembersih khusus optic lensa, kertas khusus (penganti tisu) pembersih kamera, dll.

Untuk teknis penggunaanya cukup mudah anda bisa membersihkan body kamera mirrorless dengan brush (selain yang berupa kaca/lensa nanti baret), blower bisa digunakan untuk membersihkan debu kecil agar bersih dari kamera, anda bisa menggunakan tisu dan cairan pembersih untuk optic lensa dan melap dengan kain microfiber untuk mengeringkan.

Intinya tetap selalu menjaga kebersihan setelah penggunaaan kamera.

Perhatikan Penyimpanan Kamera Mirrorless Kesayangan Anda

Hal lain yang penting untuk anda perhatikan untuk merawat kamera mirrorless anda agar tetap awet dan tidak rusak adalah cara penyimpanan kamera mirrorless tersebut.

Kita tahu bahwa kamera akan lebih sering untuk di simpan dari pada pemakaiannya, misal sesibuk apapun anda mungkin hanya beberapa jam untuk pemakaian sisanya masuk ke penyimpanan atau mungkin lebih lama dari pada itu bisa saja dalam seminggu hanya beberapa kali dipakai saja.

Untuk itu penting bagi kita untuk melakukan penyimpanan kamera yang baik dan benar.

Pertama mungkin sudah saya jelaskan point sebelumnya yaitu sebelum melakukan penyimpanan bersihkan kameranya terlebih dahulu dari debu dan kotoran dengan cleaning kit kamera. Jadi kamera disimpan sudah dalam kondisi bersih ya kawan.

Kedua perhatikan tempat penyimpanan kamera anda pastikan tempat tersebut bersih dari debu dan kotoran, kering, tidak lembab dan aman tentunya. Untuk penyimpanan kamera anda bisa menggunakan yang namanya Dry Box (bisa buat sendiri atau beli yang dijual di marketplace). Kurang lebihnya Dry Box ini tempat kering (biasa berbahan plastik) dengan silica gel untuk menyerap kelembaban.

Kamera mirrorless dan lensanya tidak bisa anda simpan ditempat yang lembab karena akan menimbulkan jamur pada kamera ataupun lensa dimana akan mempengarui hasil kualitas gambar.

Jangan menyimpan kamera mirrorless anda didalam tas kamera begitu saja dalam waktu yang lama. Karena sifat dari kain yang menyerap air (kelembaban) bisa memicu timbulnya jamur pada kamera mirrorless anda. Tas hanya untuk keperluan mempermudah kita dalam membawa kamera saat ingin digunakan hanya sebatas itu.

Saya juga menyarankan anda untuk melepas baterai saat menyimpan kamera dalam waktu lama. Karena beberapa kasus kerusakan lcd (vignet) kamera tipe tertentu dikarenakan penyimpanan jangka lama dengan kondisi baterai yang masih didalam. So sebaiknya memang lepas baterai setelah pemakaian dan untuk penyimpanan.

Mungkin itu dulu yang bisa saya bagikan kepada teman-teman semuanya tentang cara merawat kamera mirrorless kesayangan anda agar tetap awet, dan tidak cepat rusak tentunya. Walaupun semua pasti ada umurnya termasuk elektronik namun dengan pemakaian dan perawatan yang baik dan benar semua itu bisa diperpanjang seperti hanya manusia yang menjaga pola hidup sehatnya.

Sekian dari saya semoga bermanfaat jangan lupa share artikel ini ke teman anda lainnya.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic