Kenapa Internet Lemot? Padahal Sinyal Sudah 4G

Multimedialy.com - Koneksia.com - Internet kita tahu kita tidak bisa lepas dari hal yang satu ini. Kita memerlukan akses internet yang cepat untuk berbagai hal seperti komunikasi, hiburan dan untuk pekerjaan. 

Untuk pengguna jaringan seluler Indosat pasti banyak dari kalian yang merasakan jaringan terkadang atau bahkan sering terasa lemot sekali padahal jika anda melihat tangkapan sinyal yang masuk sudah 4G.

Baca juga: Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot Indosat

Mungkin anda bergemin 4G saja lemot begini rasanya bagaimana kalau sinyalnya dibawahnya H+, 3G, atau bahkan.

Lalu apa sih sebenarnya penyebab jaringan 4G Indosat yang terasa lemot, berikut pembahasannya.

Kekuatan Sinyal 4G itu Sendiri

Memang 4G kecepatan internet jauh lebih kencang dibandingkan sinyal h+ (3.5G), 3G ataupun Edge. Namun bukan berarti kalau smartphone anda menangkap sinyal 4G langsung mendapatkan internet yang cepat. 

Anda perlu memperhatikan besaran kekuatan sinyal yang tertangkap karena 4G jika sinyal hanya 1 ataupun 2 strip tidaklah akan terasa lebih cepat dibandingkan dengan sinyal H+ yang berkekuatan penuh.

Jadi belum pasti sinyal 4G itu cepat kalau sinyalnya kurang yang sama saja. Untuk itu anda bisa mencoba beralih ke pengaturan mencoba jaringan ke H+/3G jika sinyalnya full ataupun dirasa lebih cepat maka bisa beralih.

Atau kalau mau simplenya anda bisa menggunakan mode otomatis untuk tangkapan sinyal jadi smartphone yang akan memilih jaringan mana yang akan digunakan sesuai kualitas jaringan yang tersedia di daerah anda.

Cek Paket Data yang Anda Milliki

Jika anda rasa sinyal sudah bagus ditempat anda tapi kok internet masih terasa lemot bisa jadi itu karena paket data yang anda beli sudah habis FUPnya.

Kita tahu sekarang ini banyak paket data yang menawarkan paket data internet unlimited selama satu bulan. Namun perlu digaris bawahi bahwa unlimited disini tidaklah seratus persen unlimited karena ada yang namanya FUP.

FUP (Fair Usage Policy) atau kalau bahasa indonesia batas pemakaian wajar suatu paket data unlimited. Jadi jika kita sudah melebihi ambang batas FUP maka biasanya speed internet akan turun atau dibatasi hanya dengan kecepatan rendah. Untuk besaran berapa GB FUP tergantung dari paket dan provider anda masing-masing.

Lalu bagaimana dong kalau sudah mencapai FUP? 
Untuk solusinya biasanya terdapat paket booster dimana anda bisa meningkat speed paket anda lagi seperti normal walaupun tetap dengan batas kuota juga. Jadi paket booster ini akan kembali ke speed lambat jika sudah habis FUPnya.

Bisa Jadi Bug Sistem Operasi

Bila anda merasakan dulu sinyal dan kecepatan internet di hp anda cepat-cepat saja namun kok akhir-akhir sinyal jadi lebih jelek dan internet juga drop kecepatannya bisa jadi itu karena adanya bug pada sistem operasi android/ios anda.

Tapi perlu menjadi catatan bahwa anda merasakan penurunan sinyal dan internet secara derastis ini semenjak anda update system lakukan dan anda sudah uji coba dengan smartphone lain dengan kartu yang sama sinyal masih baik-baik saja.

Lalu bagaimana solusinya? 
Pertama anda bisa segera melakukan update system atau cek pembaruan system android/ios karena biasanya bug masalah sinyal ini cepat di fix oleh brand smartphone karena memang masalah major yang diprioritaskan untuk diperbaiki segera mungkin.

Jika pembaruan tersedia segera lakukan update (anda bisa connect ke wifi untuk lebih cepat mendownload update system).

Kartu Sim Bisa Jadi Rusak

Kartu SIM tentunya bisa mengalami kerusakan, jika kerusakan yang terjadi cukup parah maka kita tidak bisa menggunakan kartu sim tersebut. Namun beberapa kasus kerusakan kartu sim yang minor yang mana mungkin rusaknya masih sedikit cuman baret,dll maka bisa mempengerahui sinyal itu sendiri.

Untuk mengetahui kartu sim anda rusak atau tidak bisa cek secara fisiknya. Anda bisa membandingkan juga dengan kartu sim dengan provider yang sama dismartphone anda. Jika anda rasa tangkapan sinyal atau kualitas internet lemot padahal kartu sama dan smartphone yang anda gunakan sama maka dapat disimpulkan kartu sim anda yang rusak.

Untuk mengatasi atau solusinya adalah dengan datang care center kartu provider anda, anda bisa search di google map dan datang langsung ke lokasinya. Untuk biaya tergantung kebijakan masing-masing provider, kebanyakan gratis tapi anda diminta membeli pulsa atau paket internet yang ditawarkan.

Pengguna Semakin Banyak

Saya termasuk orang yang pernah mengalami hal ini. Tertarik dengan penawaran paket-paket internet yang murah akhirnya saya coba satu provider. Memang saya akui harga yang ditawarkan cukup murah dan akses internet pun mantap bisa untuk berbagai kebutuhan saya pada saat itu.

Namun makin lama kok makin lemot ya, bagai bumi dan langit saat awal saya menggunakan dan sekarang ini. 

Penyebabnya setelah saya pikirkan dan amati karena banyaknya pengguna kartu provider tersebut di daerah sekitar saya. Ya memang tidak bisa dipungkiri provider dengan tarif paket murah pasti mengundang banyak pengguna.

Akibatnya sinyal yang mungkin dulu kuat dan kencang untuk akses internet jadi lemot karena memang bandwidhtnya harus terbagi ke banyak pengguna. Ibarat sebuah jalan raya dulu kendaraannya masih sepi jadi bisa ngebut sekarang sudah penuh sampe macet. 

Jadi mau sinyal full kalau jalanan macet (jaringan penuh) ya jadi lemot deh. Solusinya untuk permasalahan ini tidak bisa dari kitanya mungkin anda bisa mencoba mengadu ke cs jika dirasa lemotnya sudah keterlaluan atau mending ganti provider lain saja.

Settingan APN Tidak yang Terbaru

Buat teman-teman yang belum tahu APN bisa dikatakan sebagai settingan jalur jaringan yang kita gunakan untuk konektivitas internet. Jadi setiap provider jaringan punya settingan APNnya masing-masing.

Biasanya APN ini juga sudah ada bawaan dari kartunya, jadi begitu kita masukkan kartu sim dan lakukan aktivasi nomor biasanya akan muncul notifikasi dari operator untuk menyimpan APN, biasanya pilihannya save/yes sudah masuk settingan APN kita dan bisa untuk akses internet.

Namun dalam beberapa kasus kadang settingan APN ini bisa berubah (mungkin kita gak sengaja ubah saat utak-atik smartphone) ataupun ada pembaruan APN dari provider.

Kita bisa untuk setting APN secara manual, untuk mendapatkan koneksi internet yang maksimal. Untuk settingan APN setiap provider pasti berbeda-beda untuk itu teman-teman bisa searching di google saja APN Nama Provider maka akan muncul settingan dan cara setting APNnya.

Untuk settingan APN terbaik yang berada pada website official karena sudah pasti optimal dan terbaru dari provider yang anda gunakan.

Mungkin itu dulu sedikit penjelasan dari saya kenapa internet anda lemot padahal sinyalnya sudah 4G. Semoga kedepan makin baik lagi jaringan dan jangkauan provider yang ada di Indonesia tentunya agar kita semua bisa mendapatkan benefit sebenarnnya dari internet. Sekian dari saya terimakasih jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic