Cara Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Habis

Multimedialy.com - Ketika memiliki sebuah laptop maka artinya kita orang yang sangat mobile yang membutuhkan sebuah komputer yang bisa digunakan untuk bekerja dimanapun kita berada karena itulah poin kita mempunyai sebuah laptop dibandingkan pc desktop.

Selain portabel hal lain yang penting dari sebuah laptop adalah masa pakai pakai atau seberapa lama laptop itu bisa digunakan dalam kondisi tidak di charge.

Karena kita tahu tidak setiap tempat dimana kita bekerja dengan laptop itu ada colokan listrik. Selain itu kita sebagai pengguna laptop yang juga manusia biasa sering kali kelupaan membawa charger laptop, sementara itu kita butuh laptop tersebut bisa tetap menyala hingga setidaknya pekerjaan diluar rumah tersebut selesai.

Memiliki sebuah laptop dengan baterai yang awet saya rasa merupakan hal yang diperlukan setiap pengguna laptop. 

Cara Menghemat Baterai Laptop

Berikut ini saya akan membahas mungkin bisa dikatakan cara yang bisa anda lakukan sebagai pemilik laptop agar laptop yang anda gunakan lebih awet lagi baterainya sehingga tidak cepat habis ketika dipakai diluar rumah tanpa dicharge, berikut tutorialnya.

Tips dan Cara Menghemat Pemakaian Baterai Laptop

Turunkan Kecerahan Layar

Kecerahan layar laptop merupakan salah parameter yang bisa anda ubah dan sesuaikan agar baterai laptop anda tidak cepat habis.

Walaupun memang kecerahan laptop ini sedikit sulit dalam beberapa kondisi, misal anda menggunakan laptop dalam kondisi outdoor maka menurunkan kecerahan hanya akan mengganggu visibilitas anda ke layar laptop anda. Sehingga kenyamanan penggunaanpun turun.

Ya disini pointnya yang ingin saya sampaikan gunakan kecerahan layar seminimpun tapi tanpa mengurangi kenyamanan anda. 

Anda bisa berpindah tempat yang banyak sumber cahaya ke tempat yang agak gelap (jika diluar ruangan) atau mematikan lampu ruangan jika terasa terlalu terang. Atur sesuai kenyamanan dan tetap bisa menggunakan kecerahan layar yang minimal.

Matikan Backlight Keyboard Ketika Tidak Diperlukan atau Turunkan Kecerahannya

Bicara laptop jaman sekarang fitur backlight pada keyboard bisa dikatakan bukan hanya fitur yang tersedia pada laptop premium, sekarang ini laptop entry atau kelas murahnya sekalipun membawa fitur ini.

Ya hal ini merupakan hal yang baik dan positif karena fitur ini memang cukup terpakai dan menambah kegantengan sebuah laptop.

Namun yang namanya sebuah lampu ketika menyala tentunya ini akan menambah konsumsi daya laptop anda. Jika anda bertujuan menghemat daya baterai laptop anda seirit mungkin agar tetap bisa menyelesaikan pekerjaan saat ini maka alangkah lebih baiknnya mematikan backlight pada keyboard.

Beberapa backlight pada keyboard ada bisa diturunkan dan naikkan tingkat kecerahannya, ada juga yang cuma ada on dan off saja. Ya kalau bisa disesuaikan level kecerahannya bisa atur ke level paling rendah jika memang ruangan gelap dan anda membutuhkan backlight agar tombol keyboard tetap terlihat.

Gunakan Mode Power Saver

Hampir setiap sistem operasi (windows, mac os, chrome os) menyediakan opsi mode battery yang digunakan mulai dari balanced (default biasanya), performance, dan juga power saver.

Mode power saver ini perlu anda aktifkan agar laptop tidak mengkonsumsi banyak daya saat pemakaian. Biasanya mode power saver ini melakukan penghematan dengan melimit kecepatan dari cpu, gpu dan putaran hardisk tujuannya memang untuk menghemat penggunaan daya.

Ya side effectnya performa kurang maksimal, tapi kembali lagi ke kebutuhan anda jika anda menggunakan laptop sekedar aktifitas ringan seperti browsing dan mengetik saya rasa mode power saver pilihan yang bijak.

Update Sistem Operasi dan Driver Berkala

Melakukan update sistem operasi yang digunakan di laptop kita secara berkala sangatlah penting guna menjaga stabilitas perangkat lunak. Terkadang ada bug dalam sistem operasi yang bisa membuat baterai menjadi boros akibat pemakaian hardware yang tidak optimal.

Untuk bisa update anda bisa melakukan pengecekan secara manual di pengaturan/settings. Gunakan jaringan wifi (biasanya) agar bisa melakukan update. 

Update adalah hal penting itu perlu jadi pola pikir anda sebagai pengguna laptop. 

Karena semakin diupdate tentunya sistem semakin optimal dan efisien. Update disini bukan hanya OS tetapi juga driver agar fungsi-fungsi hardware juga dapat berjalan optimal sesuai dengan permintaan softwarenya.

Update Rutin Juga Software yang Anda Gunakan

Selain sistem operasi dan driver yang perlu anda update. Program aplikasi yang anda gunakan juga kalau bisa di update secara rutin karena biasanya update membawa perbaikan salah satunya dalam hal pemakaian resource dan penggunaan baterai.

Kita ambil contoh update browser Google Chrome terbaru membawa pembaruan seperti pemakaian RAM yang lebih sedikit dan penghemat baterai hingga 5x lebih irit dibandingkan sebelumnya.

Wow saya rasa ini peningkatan yang signifikan dan sayang untuk anda lewatkan, karena secara pemakaian juga kita akan sering memakai yang namanya sebuah web browser. So penghematan baterai tadi di update terbaru Chrome akan terasa sangat manfaatnya.

Tutup Aplikasi yang Tidak Anda Gunakan Sekarang

Jika anda menjalan begitu banyak aplikasi sekaligus atau mungkin anda sedang membuka begitu banyak tab web browser maka saran saya tutup aplikasi atau tab browser yang tidak anda gunakan.

Dengan menutup aplikasi atau tab tersebut kita bisa menghemat resource yang digunakan aplikasi, seperti CPU, GPU, RAM, dan disk bisa berkurang beban yang dijalankan sehingga lebih mengurangi juga pemakaian daya yang diambil dari baterai.

Namun jika dirasa aplikasi tersebut masih dipakai, saran saya biarkan saja selagi masih berjalan dengan lancar. Karena disini jika anda menutupnya dan membukannya lagi hanya akan memakan waktu dan resource lagi yang cukup besar untuk menjalan aplikasi lagi dari awal, lebih baik dibiarkan terbuka jika sekirannya masih digunakan aplikasi tersebut.

Cabut Device Yang Terhubung dan Matikan Konektifitas Ke Laptop Jika Tidak Digunakan

Untuk penghematan baterai yang lebih maksimal kita juga perlu memperhatikan port-port yang terhubung ke laptop.

Jika anda menghubungkan seperti flashdisk, kabel data, dan sekarang ini sudah tidak dibutuhkan lagi maka alangka lebih bijak jika kita mencabutnya untuk sedikit mengurangi pengurangan daya baterai yang keluar dari port laptop kita.

Hal lain seperti konektifitas bluetooth yang kebanyakan pengguna laptop jarang mematikannya, juga bisa kita matikan jika tidak kita gunakan dan juga fitur GPS pada laptop menurut saya lebih baik dimatikan karena kita tidak akan sering/pernah menggunakan fitur map pada laptop. Hal ini untuk penghematan daya tentunya. 

Terakhir Jaga Kesehatan Baterai Laptop

Dari point diatas jika anda lakukan dengan betul-betul memang bisa menjaga baterai laptop kita agar bisa bertahan lebih lama dibandingkan biasanya.

Namun point terakhir ini cukup penting yaitu untuk menjaga kesehatan batarai (battery health) laptop kita. Battery heal pada laptop ini bisa anda chek dengan beberapa aplikasi seperti:

Ya battery heal ini biasanya berupa persentase, jika persentasi masih tinggi misal 100% artinya kesehatan baterai laptop masih terjaga baik atau masih baru lah. Kalau sudah turun angkanya itu artinya kapasitas atau kemampuan penyimpanan battery laptop juga menurun.

Jadi kalau mau baterai laptop kita tetap awet, tidak cepat habis atau drop maka kita perlu menjaga kesehatan baterai laptop juga. 

Bagaimana caranya menjaga kesehatan baterai laptop? Silakan baca artikel: Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak.

Karena kalau sudah rusak baterai healthnya mau pakai cara apapun tetap cepat habis baterai laptop kita, so penting menjaga kesehatan baterai laptop. 

Dengan tips dan cara diatas setidaknya anda tidak perlu begitu khawatir jika anda lupa membawa charge laptop ataupun keadaan memaksaan anda menggunakan laptop tetapi jauh dari colokan.

Ya masih amanlah karena kita tahu cara menghemat baterainya biar tugas bisa selesai dan kembali ke rumah untuk melakukan charge.

Mungkin itu dulu sedikit tutorial dari saya untuk cara menghemat pemakaian baterai laptop, jika dirasa bermanfaat bisa share artikel ini ke sosial media agar teman anda bisa tahu juga tentunya. Jika ada pertanyaan drop komentar dibawah.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic