Kelebihan dan Kekurangan Chrome OS

Multimedialy.com - Banyak produsen laptop sekarang ini mengeluarkan laptop seri Chromebook mereka yang tentunya menggunakan sistem operasi Chrome OS ini.

Yang menjadi point menarik disini Chromebook menawarkan yang lebih murah dan terjangkau sebagai sebuah laptop saat ini. Dimana harga laptop Windows begitu naik tajam karena adanya kenaikan demand selama masa pandemi ini dan juga akibat kelangkaan chip yang menjadi bahan baku pembuatan hardware komputer/laptop.

Jika sebuah laptop menggunakan sistem operasi windows maka anda mungkin sudah terbiasa dan tidak bertanya-tanya lagi, nah sekarang muncul laptop yang lebih terjangkau yang bernama Chromebook dengan Chrome OS didalamnya, anda mungkin sebagai calon pembeli bertanya-tanya apa kelebihan dan kekurangan dari Chrome OS.

Kelebihan dan Kekurangan Chrome OS

Nah disini saya akan membahasnya kelebihan dan kekurangan dari Chrome OS tentunya jika kita banding dengan sistem operasi sedari dulu orang Indonesia biasa gunakan yaitu Windows. Tentunya agar anda tidak salah dalam menentukan pilihan.

Kelebihan Chrome OS

  • Tampilan sederhana dan mudah di mengerti.
    Google sendiri merancang Chrome OS ini dengan tampilan yang sederhana dan mudah dioperasikan. Google menganggap bahwa hidup ini sudah cukup rumit so kenapa harus dibuat rumit lagi dengan tampilan dan fitur-fitur dari OS laptop yang kita gunakan sehari-hari.

    Secara tampilan Chrome OS ini mengadaptasi dari perpaduan Google Chrome Browser dan juga sistem operasi smartphone Android.

    Anda mungkin sudah familiar dengan tampilan Google Chrome dan Android bukan? jadi anda tidak perlu khawatir bingung dan tidak terbiasa dalam pengoperasiannya semuanya dibuat mirip secara user interface dan user experience.
  • Lebih ringan dan cepat bahkan untuk hardware spesifikasi rendah.
    Chrome OS ini hadir sebagai solusi laptop murah tapi tetap bisa berjalan dengan lancar menjalan berbagai tugas-tugas harian yang biasa kita lakukan pada sebuah laptop seperti mengetik sebuah dokumen (word), membuka dokumen, membuat sebuah presentasi (ppt), mengolah data melalui excel, web browsing, zoom meeting, dan hal-hal lain yang biasa anda lakukan untuk sebuah laptop.

    Semua tugas sederhana tadi bisa dijalankan dengan lancar.  Anda butuh kemampuan lain seperti editing foto, video, atau bermain game ya game-game ringan masih bisalah, anda tinggal install aplikasi melalui Playstore.
  • Dukungan aplikasi yang terlengkap dari Android.
    Banyak OS untuk desktop atau laptop baru bermunculan namun juga begitu banyak juga OS yang gagal karena tidak adanya dukungan pengembang aplikasi pada OS tersebut, secara otomatis penguna jadi enggan menggunakannya.

    Chrome OS ini bisa dikatakan begitu spesial karena mendukung aplikasi yang ada di sistem operasi smartphone Android. Seperti yang kita ketahui begitu banyak aplikasi yang tersedia di Android dan itu juga bisa anda pasang dan install pada Chrome OS melalui Play Store.

    Untuk mekanisme penggunaannya aplikasinya pun sama seperti versi Androidnya, anda bisa install berbagai aplikasi untuk kebutuhan anda yang spesifik seperti editing foto, desain, editing video, dll.
  • Update software dan keamanan terjamin.
    Bicara soal update OS anda tidak perlu khawatir, karena Google sendiri menjanjikan update lengkap OS secara lengkap setiap 4 minggu sekali, dan update kecil untuk perbaikan keamanan dan pembaruan software setiap 2-3 minggu.

    Untuk size pembaruan OS lengkap kurang lebih 400 MB dan pembaruan kecil berkisar 50 MB.

    Anda juga bisa beralih ke pembaruan jangka panjang atau mengubah pembaruan OS setiap 6 bulan sekali tetap tetap anda akan mendapatkan pembaruan keaman setiap 2-3 minggu sekali.

    Secara default pembaruan dilakukan di background ketika perangkat laptop anda tersambung oleh koneksi wifi dan semua itu berjalan secara seamless tanpa menggangu anda ketika menggunakan laptop.

    Untuk yang bertanya sampai kapan laptop Chromebook mendapatkan dukungan update OS dan keamanan? menurut Google pada laptop Chromebook 2020 mereka akan memberikan update hingga 2028 atau setidaknya 8 tahun update.

    Saya rasa dengan pembaruan OS dan keamanan yang rutin dalam 8 tahun setidaknya bisa jadi jaminan bahwa Chrome OS tetap bis update dari segi keamanan dan stabilitas perangkat lunak.
  • Dukungan komputasi secara cloud.
    Sebuah mitos bahwa laptop dengan sistem operasi Chrome OS harus terhubung ke koneksi internet baru bisa digunakan sepenuhnya hal itu merupakan salah kaprah.

    Layaknya laptop dengan sistem operasi lain, Chrome OS juga dapat dioperasikan baik secara online maupun offline. File-file dapat anda simpan langsung juga tentunya di laptop anda.

    Justru dukungan cloud atau online inilah yang menjadi poin lebih dibandingkan laptop windows. Anda bisa memakai sebuah aplikasi tanpa perlu menginstallnya ataupun anda bisa menyimpan file secara online secara selain bisa menghemat ruang penyimpanan anda bisa mengaksesnya lagi dengan perangkat lain dengan mudah dan cepat asal terkoneksi dengan internet saja bukan.

    Mau pakai atau tidak pakai internet Chrome OS tetap bisa dijalankan.
  • Fitur backup dan recovery file dengan mudah.
    Chrome OS ini bisa melakukan backup secara otomatis ke setiap file yang ada pada chromebook ada di akun google anda.

    Jika anda kehilangan laptop chromebook anda atau ingin berganti ke laptop Chromebook baru. Semua data dan settingan laptop bisa dipindahkan dengan mudah dan cepat.
  • Baterai lebih awet dan tahan lama.
    Baterai adalah komponen yang cukup penting dari sebuah laptop. Jika baterai cepat habis maka mobilitas penggunaan laptop kita terbatas apalagi jika tidak ada colokan listrik untuk charge laptop.

    Chrome OS ini bisa dikatakan sistem operasi yang ringan sehingga beban kinerja seperti CPU menjadi ringan, imbasnya kembali lagi ke battery life yang lebih panjang.

    Google sendiri mengklaim bahwa chromebook mampun berjalan hingga 12 jam dalam sekali charge. Saya rasa tidak perlu khawatir jika charger laptop tertinggal saat menggunakan laptop di luar rumah, 12 jam waktu yang cukup lama untuk penggunaan laptop harian.
  • Booting cepat.
    Ini menjadi poin unggulan dari Chrome OS meskipun dengan spesifikasi hardware yang tergolong minim tapi tetap menyuguhkan kenyamanan penggunaan termasuk dalam waktu boot yang cepat.

    Berbeda dengan OS lain jika kita menggunakan laptop entry level maka harus bersadar ketika proses booting. 

    Sedangkan di Chrome OS ini bisa dikatakan instan untuk proses Booting tidak membutuhkan waktu yang lama.
  • Dan masih banyak lagi.

Kekurangan Chrome OS

  • Tidak semua aplikasi yang ada di Windows ada atau ada pengantinnya.
    Terutama untuk pekerjaan yang spesifik seperti pemrograman, 3d, dll.
    Tapi kembali lagi Chrome OS ini ditujukan untuk kebutuhan komputasi yang sederhana atau sehari-hari.
  • Tidak bisa bermain Game AAA seperti Windows
    Ya anda anda hanya bisa menikmati game dari Android, itupun tidak semua jenis game android bisa berjalan dengan lancar (tergantung spesifikasi chromebook). 

Ya saya rasa dengan segala kelebihannya yang cukup banyak dibanding kekurangannya sangat wajar begitu banyak sekali peminat dan pengguna baru dari Chrome OS. Chrome OS sekarang ini menjadi sistem operasi dengan perkembangan jumlah pengguna terpesat di dunia (selama masa pandemi).

Ya saya rasa itu semua wajar saja dibalik itu semua ada perusahaan Google yang merancang sistem operasi Chrome OS, dimana kita tahu kualitas Google dalam merancang sebuah perangkat lunak. Kesuksesannya di OS Smartphone bersama Android saya rasa membuktikan kualitas dari sistem operasi rancangannya.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic